Kuliner NTT Bahan Dasar Jagung, Bisa Jadi Pengganti Nasi Lho

Dalam hal pariwisata, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beragam destinasi yang keindahannya bikin menganga. Sebut saja Taman Nasional Komodo, Gunung Kelimutu, Pantai Merah, dan lain-lain. Urusan kuliner, provinsi yang memiliki Ibu Kota Kupang ini juga menawarkan beragam kelezatan. Salah satunya yang berbahan dasar jagung. Yuk kita ulas sebagaimana berikut ini, kuliner NTT bahan dasar jagung.

Kena Kita

Kena Kita, via Instagram/lapaktrip
Kena Kita, via Instagram/lapaktrip

Panganan yang pertama ada sajian Kena Kita yang sekilas memang mirip dengan bubur. Ini merupakan kuliner yang berasal dari Pulau Palue, Kabupaten Sikka di NTT. Biasanya akan ada bahan-bahan seperti halnya kacang-kacangan, umbi-umbian, jagung, dan parutan kelapa. Ada citarasa pedas bagi mereka yang menginginkannya. Kuliner ini juga cocok disantap di pagi hari karena memiliki tekstur yang lembut.

Catemak Jagung

Catemak jagung, via Instagram/vinanahak
Catemak jagung, via Instagram/vinanahak

Kemudian ada yang namanya catemak jagung yang juga bisa menjadi pengganti nasi. Ini merupakan makanan kuah terbuat dari bahan utama jagung dengan tambahan berupa kacang-kacangan di dalamnya. Ada kacang tanah sampai kacang hijau. Tidak jarang ditambah dengan labu dan sayuran lainnya. Untuk membuat rasanya makin kaya, biasanya ditambah dengan rempah dan penyedap masakan.

Jagung Bose

Jagung bose, via Instagram/belangaindonesia
Jagung bose, via Instagram/belangaindonesia

Jagung bose juga merupakan rekomendasi lainnya. Cara pengolahannya cukup mudah, biasanya jagung dicampur dengan kacang-kacangan dan dimasak menggunakan santan. Ada juga yang menambahkan sayur-sayuran. Untuk membuatnya makin menggugah selera, akan dipadukan dengan lauk seperti halnya daging aya, ataupun sapi. Bisa dicampurkan ataupun dimasak secara terpisah.

Jagung Titi

Jagung Titi, via Instagram/maria_robertus
Jagung Titi, via Instagram/maria_robertus

Jika sebelumnya ada berbagai makanan berat, kali ini ada jagung titi. Camilan satu ini disebut-sebut sebagai emping dari Nusa Tenggara Timur. Cara pembuatannya cukup mudah, jagung digepengkan kemudian digoreng. Untuk rasanya, ada asin ataupun juga caramel. Camilan yang bisa menemani berbagai kegiatan travelingmu di NTT. Bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh ya.

Ragam kuliner berbahan dasar jagung dari NTT cukup menggiurkan buat dicoba ya. Buat yang sedang diet, boleh dicoba ya.

Tags
berbahan jagung Indonesia kuliner kuliner ntt Nusa Tenggara Timur
Share