Pulau Kanawa, Pesona Eksotis di Taman Nasional Komodo

Popularitas Taman Nasional Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur telah kondang hingga mancanegara. Terlebih sejak ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Banyak pesona keindahan memukau di sekitarnya, termasuk Pulau Kanawa.

Saya sendiri sudah lama berniat mengunjungi Taman Nasional Komodo dan melihat langsung satwa turunan purba tersebut di habitat aslinya. Sebab selama ini saya hanya bisa menyaksikan komodo di kebun binatang atau taman safari.

Oleh karena itu, begitu ada kesempatan menjelajah Labuan Bajo, saya tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mewujudkan wishlist tersebut. Yuk Teman Traveler, simak pengalaman saya selama menjelajah di Taman Nasional Komodo.

Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Komodo (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Taman Nasional Komodo terletak antara Pulau Sumbawa dan Flores. Sejak 1980, kawasan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan taman nasional. Sebelas tahun berselang, UNESCO menyatakannya sebagai situs warisan dunia.

Dengan luas wilayah mencapai 173.000 hektar, taman nasional ini memiliki beberapa pulau utama seperti Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, serta beberapa pulau mungil lainnya. Banyak panorama cantik di sekitarnya.

Sesuai namanya, Taman Nasional Komodo dibuat untuk melindungi komodo. Hewan satu ini termasuk langka dan terancam punah. Selain itu, keberadaan taman nasional juga berguna melindungi kekayaan laut di sekitarnya.

Secara wilayah, taman nasional ini berada di zona Wallacea, kawasan yang terbentuk dari pertemuan benua Australia dan Asia. Sebagai akibatnya, satwa yang ada di wilayah ini merupakan perpaduan dari dua benua tersebut.

Akses Menuju Taman Nasional

Pulau Kanawa (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Menuju Taman Nasional Komodo, Teman Traveler wajib ke Labuan Bajo terlebih dahulu. Bisa dengan jalur darat, laut maupun udara. Tapi berhubung waktu terbatas, kala itu saya memilih lewat jalur udara. Kalian bakal mendarat di Bandar Udara Komodo.

Jika Teman Traveler punya waktu lebih atau sedang cari tantangan untuk menjelajah Labuan Bajo, sebaiknya pilih jalur darat atau laut. Pastinya bakal lebih seru dan menantang.   

Mampir ke Pulau Kanawa

Dermaga di sekitar Kanawa (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Keindahannya Pulau Kanawa tak bisa diremehkan lho Teman Traveler. Hamparan pasirnya terlihat begitu putih, sementara lautannya nampak bening kebiruan. Pemandangan bawah airnya pun tak kalah elok.

Langit dan samudra indah (c) Anggi Paramita

Tak heran jika Kanawa kerap jadi salah satu destinasi pilihan turis kala mengunjungi Taman Nasional Komodo. Lokasinya tak jauh dari Labuan Bajo, berjarak sekitar 15 kilometer. Bisa dicapai dengan mudah menggunakan speed boat.

Jalan-jalan Sampai Eksplor Laut

Selamat datang di Kanawa (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selama berada di Kanawa, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Teman Traveler lakukan. Salah satunya adalah snorkeling, lantaran aktivitas di sini tidak terlalu deras. Selain itu perairannya sebening kristal dan keindahan bawah lautnya tak perlu diragukan lagi.

Jika sedang tak ingin basah-basahan, Teman Traveler bisa berjalan kaki di sepanjang pantai. Tak kalah seru dan menyenangkan kok, apalagi jika ditemani sahabat maupun sosok terdekat.

Asyiknya snorkeling (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Berminat menghabiskan waktu lebih lama di sini? Teman Traveler bisa menyewa salah satu penginapan yang tersedia. Suasananya benar-benar tenang dan damai. Jika tak ingin keluar budget lebih, kalian bisa duduk-duduk santai di bawah pohon pinggir pantai. Dijamin takkan kepanasan deh.

Hamparan pasir putih yang memukau (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menyambangi Taman Nasional Komodo dan Pulau Kanawa. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Semoga bisa jadi referensi bagi kalian yang sedang berencana jalan-jalan ke Nusa Tenggara Timur.

Tags
Flores kontributor Travelingyuk wisata flores
Share