Jelajah Kuliner Murah Kuta, Bikin Makin Cinta Pulau Dewata

Natalia

Natalia

On Indonesia
Sajian Ayam Betutu Sajian Ayam Betutu

Berencana liburan ke Bali? Luangkan satu hari khusus untuk jelajah kuliner lokal. Selain itu, pastikan perut dalam kondisi kosong agar bisa mencicipi semuanya dengan lebih maksimal. Ini deretan kuliner murah Kuta yang perlu dicoba.

Deretan makanan yang pernah saya coba ini semuanya enak dan harganya tidak mencekik. Jika biasanya kafe di Bali memasang tarif per meja dengan harga ratusan ribu, daftar kuliner pilihan saya ini murah meriah. Yuk, kita simak daftar lengkap kuliner murah Kuta berikut ini.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk (c) Natalia/Travelingyuk

Sudah pernah dengar tentang ayam betutu? Kuliner khas Bali ini terbuat dari ayam atau bebek utuh dan dimasak dengan bumbu khusus. Biasanya dijadikan sajian istimewa untuk upacara adat atau ritual khusus. Kini makanan lezat ini bisa disantap kapanpun.

Sebagai salah satu makanan khas, wajar jika ada banyak tempat di Pulau Dewata menyediakan menu ini. Namun satu yang langsung membuat saya jatuh cinta adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Bisa dipesan utuh, setengah ekor, bahkan seperempatnya. Seporsi sudah disajikan lengkap dengan plecing kangkung dan sambal matah.

Ayam betutu pedas (c) Natalia/Travelingyuk

Tingkat kepedasan ayam juga bisa dipilih sesuai selera; tidak pedas, sedang, atau pedas banget. Bagi yang tak suka kuah, mereka juga menyediakan ayam betutu goreng kering. Oh ya, jangan lupa cicipi sate lilitnya juga. Rasanya sangat enak dan bikin tak ingin bagi-bagi.

Kacang dan sambal matah (c) Natalia/Travelingyuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk tersebar di beberapa lokasi. Selain di Jalan Raya Tuban, Kuta, mereka juga membuka cabang di Jalan Merdeka, Denpasar Selatan. Bahkan di Bandara Ngurah Rai pun sudah ada gerainya. Tempat makan ini buka dari pagi, mulai pukul 08.30 hingga 22.00. Bagaimana Teman Traveler, mau datang ke kuliner murah Kuta satu ini untuk sarapan atau makan siang, nih?

Nasi Bali Sukreni

Tempe dan Ayam di Nasi Bali Sukreni (c) Natalia/Travelingyuk

Tempat berikutnya di jelajah kuliner kali ini adalah Nasi Bali Sukreni. Lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Kuta, tepatnya di Jalan Kediri, Kuta. Buka sejak pukul 07.30, Teman Traveler bisa mampir untuk sarapan sebelum bermain-main di Pantai Kuta.

Plecing Nasi Bali Sukreni (c) Natalia/Travelingyuk

Sesuai namanya, tempat makan ini menyediakan Nasi Bali. Teman Traveler bisa langsung memilih dari menu atau dari deretan makanan di etalase. Saya sempat mencoba tempe dan ayam, plus sambal hijau. Selain rasanya enak, harganya sangat ramah kantong. Saya hanya perlu membayar sekitar Rp18 ribu-an. Sementara seporsi Nasi Bali hanya dibanderol Rp25 ribu-an saja. Pantas kalau termasuk salah satu kuliner murah Kuta, kan?

Sambal Matah (c) Natalia/Travelingyuk

Jangan lupa mencoba plecing kangkung segar di sini. Sayurnya matang pas, dipadu dengan sambal segar khas Bali. Inilah kesempatan Teman Traveler mencoba kuliner khas dengan rasa otentik. Pastikan kalian mampir ke sini saat bertandang ke Pulau Dewata, khususnya jika sedang berada di kawasan Pantai Kuta.

Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika (c) Natalia/Travelingyuk

Nasi Pedas Bu Andika tentu tak boleh ketinggalan saat jelajah kuliner Bali. Tempat makan satu ini sudah sangat terkenal. Tak hanya di kalangan wisatawan lokal, turis dari luar negeri pun sering terlihat makan di sini. Kini sudah dua cabang, satu di Jalan Blambangan, Kuta dan satu lagi di Jalan Patih Jelantik, Kuta.

Meski sepintas terlihat seperti warung biasa, keistimewaan tempat makan ini terletak pada sambal racikan Bu Andika yang pedasnya luar biasa. Selain itu, rasa lauk dan sayurnya juga seperti masakan rumahan Bali. Bikin ingin terus tambah.

Nasi kulit krispi (c) Natalia/Travelingyuk

Tidak ada harga yang tercantum ataupun buku menu. Para pelayan akan memberikan kartu dengan harga sesuai dengan makanan yang dipilih. Meski selalu antre, jangan khawatir bakal menunggu lama. Tempat makan ini menggunakan piring dari rotan dan alas kertas, sehingga pelayanannya takkan memakan waktu lama.

Kering teri (c) Natalia/Travelingyuk

Tak perlu menyiapkan jam khusus saat jelajah kuliner Bali ke Nasi Pedas Bu Andika, warung ini bukan hingga 24 jam, kok.

Gourmet Sate House

Sate daging dan seafood (c) Natalia/Travelingyuk

Jelajah Kuliner Bali selanjutnya ini akan membuatmu gemas. Gourmet Sate House Bali berlokasi di Jalan Dewi Sri. Hanya sekitar 15 menitan berkendara dari Pantai Kuta. Selain hari Minggu, tempat makan ini buka mulai pukul 12.00 hingga tengah malam. Sementara untuk Minggu, mereka baru beroperasi sejak pukul 17.00.

Sesuai namanya, tempat makan ini menyediakan beragam jenis sate. Kala itu saya memesan menu sate daging-dagingan. Seporsinya terdiri dari sate daging ayam, bebek, domba, dan sapi berjumlah total delapan tusuk.

Deretan sate tersebut bisa dinikmati dengan beberapa macam saus, dari kacang hingga sambal biasa. Kamu juga bisa memilih nasi atau lontong, sudah sepaket dengan harga Rp58 ribu. 

Sate udang (c) Natalia/Travelingyuk

Sate lain yang bisa dicoba di sini adalah sate seafood. Dengan bermodal Rp78 ribu, Teman Traveler akan mendapat sembilan tusuk sate yang terdiri dari udang, hingga cumi. Menu ini juga sudah dilengkapi beragam saus.

Teman Traveler bisa memilih makan di dalam atau area outdoor pinggir jalan sembari menikmati suasana khas Bali. Kuliner murah Kuta satu ini juga bersebelahan dengan kuliner lainnya. 

Gourmet Satay House (c) Natalia/Travelingyuk

Daftar jelajah kuliner Kuta di atas bisa Teman Traveler catat dan praktekkan saat liburan ke Bali. Tak hanya menikmati alam luar biasa indah, kalian juga bisa menghabiskan waktu jalan-jalan dengan mengenal lebih dalam kuliner Indonesia. Biar makin cinta dengan Tanah Air, setuju kan?