Situbondo Surganya Kuliner Legendaris, Enak Abis!

Advertisement

Pesisir utara Jawa Timur selalu memiliki sisi eksotis tersendiri, terutama karena kebanyakan tempat sudah menjadi pemukiman nelayan. Seperti Situbondo, kabupaten yang berbatasan dengan Banyuwangi ini bukan hanya menawarkan pantai-pantai keren tapi juga lezatnya kuliner. Jika kamu melakukan perjalanan ke Bali lewat darat, jangan sampai lupa mampir ke ‘Africa van Java’ karena 10 kuliner legendaris Situbondo berikut ini telah menunggu untuk kamu cicipi.

1. Nasi Sodu kuliner Situbondo yang tetap populer hingga saat ini. Kamu akan menyantap sepiring nasi dengan sambal pedas lengkap bersama siraman kuah sodu. Biasanya disertai dengan potongan labu hingga ikan tongkol.

Nasi Sodu [image source]
Lokasi : Warung Nasi Sodu Khas Asembagus, Awar-Awar, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur

2. Sate Lalak unik dengan rasa dan ukurannya. Dalam satu tusuk ada potongan daging ayam yang kecil-kecil seperti lalat. Rasanya gurih karena disiram dengan bumbu khas Situbondo.

Sate lalak [image source]
Lokasi : Jalan Argopuro depan MAN 2 Situbondo

3. Di Situbondo, kamu juga bisa merasakan lezatnya Campur Kocek yaitu kuliner berupa mie yang ditambah dengan bumbu nikmat. Biasanya disebut juga campur mie.

Campur Kocek [image source]
Loaksi : Gang Kilensari, Panarukan, Situbondo, Jawa Timur

4. Yang ini terdengar lucu, namanya adalah Nasi Acak Adut. Memang, lauknya beragam dan enak-enak ada oseng-oseng tahu tempe, otok, ayam kecap, hingga terong penyet.

Nasi Acak Adut [image source]
Lokasi : Warung Bu Henik, Depan Bank BRI Panarukan, Situbondo

5. Bumbu Kaldu pas banget dijadikan santapan saat pagi hari, rasanya mantap serta unik dengan remukan kerupuk dan kuah kaldu.  Biasanya harganya juga murah yaitu sekitar Rp4000 saja.

Bubur Kaldu [image source]
Lokasi : Pasar Penarukan, Situbondo, Jawa Timur

6. Bicara soal kuliner Situbondo, kurang lengkap jika tidak menyinggung soal nasi karak. Kamu akan dibuat puas setelah merasakan nasi dengan parutan kelapa serta tambahan lauk tahu, tempe hingga ikan tongkol yang berbumbu.

Nasi karak [image source]
Lokasi : Sebelah SMAN 2, Jalan Anggrek Situbondo

7. Situbondo dengan cuacanya yang panas, cocok dihadapi sambil minum es Podeng. Seporsinya dilengkapi dengan puding berbagai rasa, serutan es, kolang-kaling, nanas dan yang bikin mupeng adalah siraman sirupnya.

Es Podeng [image source]
Lokasi : Depot Sari Rasa, Jalan Diponegoro, Situbondo, Jawa Timur

8.  Rujak petis hingga sekarang jadi santapan nikmat warga Situbondo, terutama saat siang hari. Uniknya, rujak petis khas Situbondo menggunakan potongan buah nanas untuk menambah kesegaran.

Rujak petis [image source]
Lokasi : Rujak Bu Nur, Jalan Mawar Depan Dinas Perdagangan, Situbondo

9. Warung Ny. Beng adalah destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat kamu ke Situbondo. Terutama untuk penyuka sop sum-sum. Sajiannya nikmat dengan resep khas andalan.

Sop Sum Sum [image source]
Lokasi : Jalan Basuki Rahmat No. 192

10.  Orang Situbondo pasti tidak menolak jika disuguhi Mie Goreng Pak Niti. Mie ini unik karena ukuran mienya yang besar dan suwiran daging melimpah ruah.

Mie Goreng Pak Niti [image source]
Lokasi : Jalan Panglima Sudirman Situbondo, Jawa Timur

Itulah beberapa kuliner Situbondo yang enak-enak. Kamu sudah pernah coba yang mana? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Situbondo
Share