Kuliner Lebaran di Berbagai Negara, Nggak Kalah Unik dengan Indonesia!

Bulan Ramadan tak hanya dinikmati orang Indonesia saja, melainkan seluruh umat muslim di seluruh dunia. Tak hanya tradisi, mereka juga memiliki keunikan lainnya. Inilah kuliner lebaran di berbagai negara yang menarik dan menggugah selera. Apa saja ya? Simak yuk!

Sheer Kurma, India

Kuliner lebaran di berbagai negara
Sheer Kurma via Instagram/innerchefofficial

Hidangan yang berasal dari Timur Tengah ini menjadi salah satu makanan khas untuk menyambut Idul Fitri. Kuliner berbahan kurma dari India tersebut memiliki cita rasa manis dan tekstur renyah yang didapat dari kacang chirogi. Sheer kurma secara harafiah berarti susu dengan kurma. Di Bangladesh, makanan ini dikenal dengan nama Semai. Bahan utamanya tentu kurma, susu, gula, berbagai jenis kacang, kismis, dan lain-lain.

Laasida, Maroko

Laasida Maroko
Laasida Maroko via Instagram/symmetrybreakfast

Beralih ke Maroko, Teman Traveler akan bertemu dengan Laasida. Hidangan ini juga muncul ketika hari Raya Idul Fitri. Laasida sendiri merupakan sejenis sajian yang mirip dengan puding ketan, namun bahan-bahannya terdiri dari couscous, mentega, madu, dan bumbu lainnya.

Kuliner ini memiliki cita rasa cenderung manis. Untuk makan malam, masyarakat di sana biasa menyajikan makanan tradisional bernama Tagine. Yang merupakan sajian daging ayam atau doma yang dimasak dengan buah kering.

You Xiang, Tiongkok

You Xiang
You Xiang via Instagram/favorsnetwork

Walau masyarakatnya bukan beragama muslim, di Tiongkok juga punya sajian khas lebaran beranam You Xiang. Camilan tersebut terbuat dari tepung terigu yang digoreng. Biasanya disantap dengan sup atau nasi.

Kudapan ini memiliki sejumlah ritual kusus dalam persiapan dan cara memakannya. Tak hanya sebagai sajian Idul Fitri, You Xiang juga hadir di berbagai acara adat tertentu. Sebelum memakannya, Teman Traveler harus terlebih dahulu memotongnya menjadi empat bagian karena jika tidak akan dianggap tidak sopan.

Manti, Rusia

Kuliner lebaran di berbagai negara
Manti Rusia via Instagram/

Berikutnya yaitu Manti yang merupakan makanan tradisional lebaran yang berasal dari Rusia berupa dimsum atau pangsit. Walau diperkirakan berasal dari Tiongkok, Manti sendiri merupakan perpaduan kuliner Afghanistan, Armenia, Turki, Bosnia, dan Asia Tengah.

Biasanya isiannya terdiri dari daging domba atau sapi yang telah diberi bumbu khusus dan dibalut dengna kulit adonan dan disajikan bersama dengan mentega ataupun krim asam.

Ternyata, nggak hanya Indonesia saja, kuliner lebaran di berbagai negara tadi juga tak kalah unik dan menggugah selera. Apakah ada dari salah satu hidangan di atas yang pernah Teman Traveler coba?

Tags
kuliner Luar negeri
Share