5 Kuliner Khas Makassar, Liburan Kenyang Anti Nyasar

Belum lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah kita tidak mencicipi makanan atau kudapan khasnya. Kota Makassar atau yang dikenal sebagai Kota Angin Mamiri memiliki berbagai macam pilihan wisata kuliner. Berikut adalah rekomendasi lima kuliner khas Makassar yang bisa dicoba rekomendasi dari salah satu kontributor Travelingyuk, Gita Puspitasari.

1. Coto Makassar 

Coto Makassar Paraikatte, Via Instagram/irenekho
Coto Makassar Paraikatte, Via Instagram/irenekho

Coto Makassar merupakan kuliner yang perlu untuk kamu cicipi jika berkunjung. Pembeda coto Makassar dengan soto daging pada umumnya terletak pada kuahnya yang lebih kental. Salah satu warung makan yang khusus menyajikan coto Makassar dan selalu ramai pengunjung adalah Coto Makassar Paraikatte yang berada di Jalan A. P Pettarani No. 125.

Di tempat ini kalian akan menyantap coto Makassar dengan ketupat sambil mendengarkan live music akustik, seru banget kan? Harga coto Makassar di sini adalah Rp19.000 per porsi dan untuk ketupatnya Rp1.000 per biji. Coto Makassar Paraikatte buka pukul 07.00-00.00 WITA.

2. Pallubasa

Pallu Basa Serigala, Via Instagram/batarasiahaan
Pallubasa Serigala, Via Instagram/batarasiahaan

Pallubasa adalah soto daging yang dilengkapi dengan serutan kelapa. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Pallubasa Serigala. Bukan karena namanya ada unsur serigala berarti daging yang digunakan adalah daging serigala, bukan begitu. Namun Serigala di sini merupakan nama jalan di mana warung makan ini berada yaitu Jalan Serigala No. 54.

Dalam seporsinya akan ada kombinasi kuah kental yang khas aroma rempah-rempah, irisan daging, dan rasa pedasnya yang nendang sungguh membuat ketagihan. Terdapat beberapa pilihan pallubasa yang bisa kamu nikmati yaitu biasa dan campur (ditambah jeroan), serta bisa juga ditambah dengan telur ayam kampung mentah. Harga seporsi pallubasa (biasa) adalah Rp18.000. Warung makan ini buka pukul 10.00-23.00 WITA.

3. Sop Lidah

Sop Lidah Lamuru, Via Instagram/uchie_food
Sop Lidah Lamuru, Via Instagram/uchie_food

Kalian penikmat jeroan sapi? Jika ya, maka makanan satu ini sangat rekomended untuk kamu coba. Salah satu sop lidah yang terkenal di Makassar adalah Sop Lidah Lamuru “Ibu Rina” yang terletak di Jalan Rusa No. 15. Selain sop lidah, di warung ini kalian juga bisa mencoba pipi, jantung, hati, dan paru goreng sapi sebagai pelengkap.

Untuk menambah nikmat sop lidah, bisa ditambahkan air perasan jeruk nipis. Rekomendasi pengunaan jeruk nipis yang cukup (2-3 irisan jeruk nipis) saja. Penambahan jeruk nipis ini akan membuat rasanya jadi gurih, asam, dan enak. Harga sop lidah di warung ini adalah Rp30.000 per porsi. Jam buka Sop Lidah Lamuru “Ibu Rina” yaitu pukul 08.30-20.30 WITA.

4. Mie Kering

Mie kering, Via Instagram/kulineratsolo
Mie kering, Via Instagram/kulineratsolo

Selain makanan yang mengandalkan daging dan jeroan sapi, kota Makassar juga terkenal dengan mie keringnya. Di Makassar, terdapat tiga jenis usaha mie kering yang terkenal yaitu Mie Hengky, Mie ‘Awa, dan Mie Titi. Hengky, ‘Awa, dan Titi merupakan anak dari Ang Kho Tjao (pelopor mie kering di Makassar). Berikut daftar alamat dari Mie Hengky, Mie ‘Awa, dan Mie Titi yang ada di Makassar:

Mie Hengky

  • Jalan Nusantara No. 352
  • Jam buka : 16.00-01.00 WITA
  • Harga menu : Rp30.000 – Rp35.000

Mie ‘Awa

  • Pusat : Jalan Pattimura No. 19
  • Cabang : Jalan Sultan Alauddin Ruko Alauddin Plaza Blok B A 1, Jalan Bau Maseppe No. 18A, Jalan Sulawesi No.142, Jalan Veteran Selatan No.239
  • Jam buka : 17.00-24.00 WITA
  • Harga menu : Rp18.000-Rp20.000

Mie Titi

  • Pusat: Jalan Datu Museng No. 23A
  • Cabang: Mie Titi BTP (Jalan Tamalanrea Raya), Jalan Perintis Kemerdekaan No.15, Mie Titi Panakkukang (Jalan Boulevard Ruko Rubi II No.25)
  • Jam buka: 11.00-02.00 WITA
  • Harga menu: Rp30.000

Jika kalian ingin membeli mie kering yang belum diolah, kalian bisa membelinya di Toko Halim yang berada di Jalan Gunung Latimojong No 141, Makassar.

5. Es Pisang Ijo

Pisang Ijo, Via Instagram/makan2mks_
Pisang Ijo, Via Instagram/makan2mks_

Kuliner khas lain yang bisa dicoba saat traveling ke Makassar adalah es pisang ijo. Lokasi yang paling legendaris untuk menyantap kelezatan es pisang ijo adalah Rumah Makan Muda Mudi yang terletak di Jalan Rusa No. 45A, Makassar. Rasa manis dan kekenyalan yang pas membuat es pisang ijo ini sangat menggugah selera para penikmatnya. Rumah makan ini buka pukul 08.00-21.00 WITA. Harga seporsi es pisang ijonya adalah Rp25.000.

 Yuk kapan mencoba kuliner-kuliner sedap ini?

Tags
Indonesia kuliner Indonesia kuliner khas makassar Makassar
Share