Serupa tapi Tak Sama, Ini Kuliner Jepang yang Mirip Makanan Korea

Jepang dan Korea Selatan merupakan negara di Asia yang sering dijadikan destinasi liburan wisatawan Indonesia. Keelokan dari alam bukanlah satu-satunya yang menarik. Namun, kuliner keduanya enak, meski cita rasanya asing di lidah. Di antara banyak makanan, ternyata ada kuliner Jepang mirip makanan Korea. Seperti di bawah ini.

1. Sushi dan Kimbap

Sushi
Sushi via instagram/@alldaysushi

Kuliner Jepang yang cukup populer di Indonesia adalah sushi. Sajian ini biasanya diisi dnegan ikan laut atau seafood. Ternyata di Korea Selatan, ada makanan yang serupa. Apalagi kalau bukan kimbap. Keduanya sama-sama digulung menggunakan rumput laut. Bedanya, kimbap berisikan telur goreng, tumis daging dan aneka sayuran seperti wortel. Karena beda isi, tentunya rasa juga tak sama.

Kimbap
Kimbap via instagram/@mape_delivery_

2. Ramen dan Ramyeon

Ramen
Ramen via instagram/@tomoyoshi_watanabe

Hobi nonton drama Korea? Pasti tak asing lagi dengan ramyeon. Yap, mie yang memiliki cita rasa pedas dengan harga terjangkau. Menu makanan ini sangat mudah dibuat. Biasanya disajikan bersama dengan kimchi. Di Jepang, menu serupa dikenal dengan nama ramen. Cita rasanya gurih dengan paduan pedas yang berasal dari kuahnya. Nah, kuah ramen ini berbahan dasar miso. Soal rasa, keduanya sama-sama enak.

Ramyeon
Ramyeon via instagram/@tiapiahandmade

3. Taiyaki dan Bungeoppang

Taiyaki
Taiyaki via instagram/@tokyobyfood

Jepang dan Korea Selatan sama-sama memiliki kue yan berbentuk ikan. Keduanya juga sama-sama dipanggang. Ternyata dua menu tersebut memiliki cita rasa yang berbeda. Taiyaki yang merupakan jajanan Jepang memiliki isi yang beragam, seperti kacang merah, bacon dan cokelat. Sementara Bungeoppang hanya berisikan kacang merah. Jika dilihat lebih jeli, ekor Taiyaki mirip dengan bentuk ikan termahal di Negeri Sakura. Sedangkan bungeoppang berbentuk ekor lurus.

Bungeoppang
Bungeoppang via instagram/@wargirlfit

4. Gyoza dan Mandu

Gyoza
Gyoza via instagram/@thefoodiefork

Menu berikutnya yang serupa tapi tak sama adalah Gyoza dan Mandu. Jika dilihat dari sejarahnya, keduanya merupakan makanan akulturasi dari Cina, yaitu Jiozi. Gyoza dan Mandu tidak hanya beda nama, tapi juga memiliki isian yang tak sama. Untuk Gyoza berisi daging cincang yang diberi saus kedelai, garam, serta bawang putih. Sedangkan mandu berisikan daging, sayuran, dan jamur yang dicampur dengan bawang putih, bawang bombay, lada, jahe, kecap, serta minyak wijen.

Mandu
Mandu via instagram/@_ramenandgyoza

Nah, itulah kuliner Jepang mirip makanan Korea Selatan yang kadang bingung. Bagaimana, sudah yang mana saja nih?

Tags
Indonesia jepang Korea Korea Selatan Seoul tokyo
Share