Kuliner Unik Jepang yang Wajib Coba Saat Kunjungi Negeri Sakura

Melisa

Melisa

On Kuliner
Kuliner Unik Jepang Kuliner Unik Jepang

Beberapa media traveling membuat daftar negara-negara tetangga yang keren didatangi. Salah satu yang jadi favorit adalah Jepang. Sayang banget nih kalau tidak menyempatkan diri untuk mencicipi makanan setempat yang tidak ditemukan di tanah air. Ini dia beberapa pilihan kuliner unik Jepang yang menarik untuk dicoba.

1. Telur Dadar Raksasa

Telur dadar
Telur dadar via Instagram/@itinkk

Kelihatannya seperti telur dadar biasa, tapi kuliner unik Jepang ini sangat laris dan mudah ditemukan di sepanjang jalanan, khususnya pasar. Nama Jepangnya adalah tamago atau giant tamago yang artinya telur dadar raksasa. Kamu bisa mencobanya di Tsukiji Fish Market.

2. Mochi Strawberry

Mochi Strawberry
Mochi Strawberry via Instagram/@ngakan_andy

Pernah dengar nama mochi? Yap, banyak ditemukan di Bandung dan sekitarnya. Ternyata camilan ini berasal dari Jepang, lho. Pastikan kamu mencoba langsung dari daerah asalnya yang tentu memiliki cita rasa sendiri. Coba mochi strawberry yang toppingnya berupa buah segar. Wah, nggak cukup cuma satu nih.

3. Miso Rice Pop

Miso Rice Pop
Miso Rice Pop via Instagram/@mouthfuls_jhakal

Kuliner unik Jepang lainnya yang menarik untuk dicoba adalah Miso Rice Pop. Kalau biasanya nasi miso kamu nikmati di mangkok, kali ini bisa mencobanya dalam bentuk es saat jalan-jalan ke Negeri Sakura. Jajanan jenis ini banyak ditemukan sebagai streetfood di Jepang, termasuk di Fushimi Inari-taisha, salah satu kuil terkenal di Kyoto.

4. Landak Laut Jepang

Landak laut Jepang
Landak laut Jepang via Instagram/@aknesta

Hewan landak laut bukan hal yang asing. Di Indonesia yang memiliki banyak pantai pun hewan ini banyak ditemukan. Namun, hanya di Jepang kamu bisa mencicipinya sebagai camilan di jalan-jalan. Mampir saja ke Nishiki Market untuk mencicipi jajanan yang satu ini. Masih sangat segar, lho.

5. Ikan Krispi

Camilan dari ikan
Camilan dari ikan via Instagram/@dkitchenwitch

Jepang memang dikenal dengan makanan serba ikan. Tak hanya untuk sushi, ikan di negara ini juga disulap menjadi camilan. Saat berkunjung ke Negeri Sakura, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Tsukiji  dan mencicipi berbagai kuliner unik Jepang, termasuk ikan goreng untuk camilan ini. Jadi pengen tambah nasi, ya.

6. Kerang Jepang

Kerang Jepang
Kerang Jepang via Instagram/@itadaikimassu

Tak hanya ikan, ada beragam seafood segar lainnya yang diolah agar bisa langsung dikonsumsi ditempat. Dari digoreng tepung seperti ikan di atas, diberi bumbu biasa, hingga yang disantap mentah-mentah seperti kerang goreng ini. Kamu juga bisa menemukan jajanan ini saat berkunjung ke Pasar Tsukiji.

7. Nasi Asin Manis

Nasi Asin Manis
Nasi Asin Manis via Instagram/@jennifromthe

Bukan coklat atau strawberry, kamu akan menemukan puding beras saat jalan-jalan ke Nishiki Market. Jajanan ini seperti nasi yang memiliki cita rasa asin dan manis. Makin segar karena dibungkus daun.

Wah, ternyata banyak kuliner unik Jepang yang menarik untuk dicoba dan nggak ada di tanah air. Bagaimana, sudah ada rencana untuk ke Negeri Sakura dalam waktu dekat?