5 Kuliner Olahan Jengkol, Tak Hanya Disemur

Isti

Isti

On Indonesia

Meski membuat mulut dan air kencing bau, namun pecinta jengkol tidak sedikit. Tak heran jika warung makan yang menyediakan kuliner ini cukup banyak. Menariknya lagi, jengkol tak hanya disajikan dalam bentuk semur. Namun ada yang diolah menjadi jus bahkan bahan utama tongseng. Makin penasaran dengan kuliner olahan jengkol ini kan? Simak ulasannya yuk!

1. Jus Jengkol

Jus Jengkol
Jus Jengkol [image source]
Pesta Jengkol Jogja yang berlangsung pada Kamis (25/1/2018) di Lippo Plaza mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, ada varian menu unik yang belum banyak ditemukan di tempat lain. Apalagi kalau bukan jus jengkol yang dikenalkan oleh ibu-ibu pelaku UKM Sarikandi, Sleman. Menariknya, varian jus ini beragam dari original hingga dikombinasi dengan kopi. Selain itu, ada juga topping cantik berupa keju, meses, oreo, serta susu. Berniat coba?

Kuliner Jus Jengkol
Kuliner Jus Jengkol [image source]

2. Rendang Jengkol

Rendang Jengkol
Rendang Jengkol [image source]
Rendang merupakan menu lezat yang disukai oleh banyak orang. Kuliner ini identik menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Namun, tidak dengan warung Ayam Bumbu Rujak Pak Sholeh di Sleman. Tempat makan ini menyediakan rendang jengkol yang rasanya tak kalah nikmat. Apalagi bumbunya yang pas di lidah.

Kuliner Rendang Jengkol
Kuliner Rendang Jengkol [image source]

3. Sate Jengkol

Sate Jengkol
Sate Jengkol [image source]
Mau yang lebih menarik lagi? Kamu bisa mencoba sate jengkol. Sekilas mirip dengan rendang jengkol, namun ditusuk layaknya sate. Sementara kuah yang menempel adalah bumbu kacang. Menu ini cukup mudah ditemukan di warung makan yang mengusung konsep serba jengkol. Soal rasa, tak perlu ditanyakan lagi.

Kuliner Sate Jengkol
Kuliner Sate Jengkol [image source]

4. Nasi Goreng Jengkol

Nasi Goreng dengan Jengkol
Nasi Goreng dengan Jengkol [image source]
Nasi goreng merupakan menu yang mudah dikombinasikan dengan bahan apa saja. Selain mie dan cumi, jengkol pun juga bisa dijadikan pelengkapnya. Salah satu tempat makan yang menyajikan kuliner dengan rasa nendang ini adalah Republik Jengkol. Tak perlu khawatir, olahan menu di sini tak berbau loh.

Nasi Goreng Jengkol
Nasi Goreng Jengkol [image source]

5. Tongseng Jengkol

Tongseng Isi Jengkol
Tongseng Isi Jengkol [image source]
Selain nasi goreng, Warung Republik juga menyediakan tongseng berisi jengkol. Dari tampilannya, kuah tongseng jengkol ini cukup menggiurkan. Apalagi ada tambahan cabai rawit yang menggigit. Soal rasa, tentu saja berbeda dengan tongseng kambing. Namun, kamu bakalan merasakan sensasi rasa yang berbeda.

Tongseng Jengkol
Tongseng Jengkol [image source]
Tak hanya itu saja, masih banyak kuliner olahan jengkol yang kini makin mencuri perhatian. Apalagi jusnya yang unik dengan rasa fantastis. Bagaimana, mana nih yang mau kamu coba terlebih dulu?