Hotel Sederhana Pilihan Jokowi Saat ke Sumatera Barat, Semalam Hanya 400 Ribuan

Advertisement

Kesederhanaan Presiden Joko Widodo sudah diperbincangkan sejak lama. Setelah gelaran mantunya beberapa waktu yang lalu, kali ini ada hal lain yang juga menyita perhatian. Rabu (7/2/2018) orang nomor satu di Indonesia tersebut menginap di Hotel Jakarta Indah yang tarifnya tidak sampai jutaan. Lalu apa sih keistimewaan tempat menginap di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ini?

Hotel Berbentuk Ruko yang Nyaman dan Bersih

Hotel murah pilihan Jokowi
Warga berkerumun saat Presiden Joko Widodo datang ke Hotel Jakarta Indah [image source]
Tempat menginap di Dharmasraya memang tidak banyak. Hotel Jakarta Indah sendiri berada di Jalan Lintas Sumatera atau sekitar satu kilometer dari Kantor Bupati Dharmasraya. Dilansir dari suara.com, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media (PPM) Sekretariat Presiden yaitu Bey Machmudin menjelaskan jika Presiden Joko Widodo tidak masalah tinggal di hotel berbentuk ruko, asalkan bersih.

Kamar untuk Presiden

Hotel murah pilihan Jokowi
Salah satu kamar di Hotel Jakarta Indah [image source]
Kedatangan presiden tak lantas membuat pemilik hotel kelimpungan menyiapkan fasilitas. Pihak Sekretariat Presiden tidak menginginkan kamar khusus dan meminta pelayanan seperti tamu lainnya. “Kamarnya tidak didekorasi, biasa saja. Di dalam kamar biasa saja, tidak boleh dibelikan yang baru,” kata Burhanudin, pemilik Hotel Jakarta Indah.

Hotel Murah di Dharmasraya

Hotel murah pilihan Jokowi
Lobi dan Lorong Hotel Jakarta Indah [image source]
Salah satu alasan mengapa Hotel Jakarta Indah dipilih adalah karena lokasinya yang strategis. Tepatnya berada di Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan berbagai kabupaten di Sumatera. Harganya sendiri beragam sesuai dengan tipe kamar yang jumlahnya 40 unit. Untuk kamar ekonomi harganya Rp200 ribu sedangkan yang paling mahal adalah kamar VVIP dengan harga sekitar Rp450 ribu.

Fasilitas yang Ditawarkan Hotel Jakarta Indah

Hotel murah pilihan Jokowi
Hotel murah pilihan Jokowi [image source]
Kamar ekonomi dilengkapi dengan kamar mandi dan kipas angin. Interiornya pun sederhana tapi tetap bikin nyaman. Berbeda jauh dengan VVIP, kamar ini memiliki lemari pendingin, sofa ruang tamu, kamar mandi air hangat hingga shower. Sama seperti tempat menginap pada umumnya, hotel dengan konsep syariah ini juga menyediakan fasilitas sarapan. Adapun menu yang dihidangkan untuk Jokowi kemarin antara lain adalah nasi goreng, sop, bubur kacang hijau hingga roti tawar.

Sebelumnya Akan Dijadikan Toko Pakaian

Hotel murah pilihan Jokowi
Hotel murah pilihan Jokowi [image source]
Pemilik hotel mengaku jika sebelumnya tidak ada niat untuk membuka hotel. Dia sendiri sebenarnya adalah pengusaha konveksi. Sedangkan Ruko di Dharmasraya rencananya akan dijadikan cabang. Namun karena mendapat saran dari pemerintah setempat, maka dibuatlah sebuah hotel. Peresmiannya dilakukan pada tahun 2014. Lobi depan tidak terlalu luas, di satu sisi ada tangga menuju kamar, dan di bagian lain terdapat tempat makan.

Hotel Jakarta Indah bisa jadi pilihan tempat menginap jika kamu berkunjung ke Dharmasraya. Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat wisata. Menarik sekali bukan?

Advertisement
Tags
Akomodasi Dharmasraya hotel Indonesia Sumatera Barat
Share