Rasakan Sensasi Makan di Warung Republik Jengkol, Nggak Bakal Bau Mulut!

Advertisement

Jengkol merupakan salah satu makanan yang unik karena baunya. Bukan hanya mulut, air urin akan berbau tidak sedap setelah memakannya. Pun demikian, bahan masakan khas Indonesia ini masih memiliki penggemarnya loh. Bahkan, ada sebuah rumah makan yang menyediakan menu serba jengkol. Wah, dimana sih tempatnya? Berikut ini ulasan lengkapnya!

Resto Bernama Republik Jengkol

Jengkol Khas Betawi
Jengkol Khas Betawi [image source]
Meski berbau, tapi pecinta jengkol cukup banyak. Hal tersebut pula yang menjadi awal Fatonu untuk mendirikan Republik Jengkol pada tahun 2012 lalu di Jalan Kerja Bakti nomor 16B, Kramat Jati, Jakarta. Bersama dengan teman-temannya yang doyan dengan jengkol, pria 47 tahun ini memulai usaha kuliner Jakarta  berkonsep jengkol. Fatoni sendiri bukanlah pecinta jengkol. Ide ini didapatkannya ketika istrinya yang suka jengkol sering makan jengkol sembunyi-sembunyi. Hingga akhirnya pria yang hobi masak ini, menemukan cara menghilangkan bau dari jengkol. Bahkan, ide tersebut membuatnya bisa membuka cabang di Jalan Raya Bogor KM 24 nomor 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur.

Nasi Goreng Tongseng
Nasi Goreng Tongseng[image source]

Tempat Makan Jengkol di Ibukota yang Ternama

Tongseng Jengkol yang lezat
Tongseng Jengkol yang lezat [image source]
Demi menjaga masakan sesuai tagline rumah makan ini, “Tetap Nikmat tanpa Bau” tidak sembarang jengkol bisa diolah di Republik Jengkol. Jepara adalah kota pertama yang dipilih Fatoni sebagai tempatnya memasok jengkol. Kemudian ada Sulawesi atau Bandar Jaya Lampung yang dipilihnya jika stok jengkol di Jepara sedang kosong. Republik Jengkol bisa menghabiskan sekitar 60 kg jengkol dalam sehari untuk kedua rumah makan loh. Wow, banyak juga ya?

Lezatnya menu di Republik Jengkol
Lezatnya menu di Republik Jengkol [image source]

Menu Lengkap yang Cocok untuk Makan Bareng Keluarga

Menu Lengkap di Republik Jengkol
Menu Lengkap di Republik Jengkol [image source]
Warung makan di Jakarta satu ini memiliki banyak menu dengan campuran jengkol yang bisa kamu pilih. Ada Nasi Goreng Jengkol seharga Rp15.000-an, tongseng jengkol sekitar Rp20.000-an, pasta jengkol yang seharga Rp15.000-an, serta olahan jengkol lainnya. Bagi kamu yang suka pedas, bisa juga cobain Balado Jengkol atau Jengkol Lada Hitam yang dibanderol sekitar Rp15.000-an. Uniknya, di Republik Jengkol ini kamu juga bisa mencicipi kopi jengkol. Yap, seduhan kopi yang diracik dari jengkol yang telah diolah menjadi bubuk dan dicampur dengan beberapa rempah untuk menghilangkan baunya. Penasaran kan dengan rasanya?

RM Republik Jengkol
RM Republik Jengkol [image source]

Spot Ngadem di Ibukota

Ragunan Zoo
Ragunan Zoo [image source]
Jakarta terkenal dengan udaranya yang kurang bersahabat. Selain panas, polusi pun ada di mana-mana. Nah, salah satu yang bisa kamu lakukan setelah makan di RM Republik Jengkol adalah mencari objek wisata alam di tengah kota. Salah satunya Kebun Binatang Ragunan yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Di sini ini, kamu tak hanya bisa ngadem tapi juga bisa menikmati keindahan kebun yang menyegarkan atau juga berfoto. Seru kan?

Ngadem di Ragunan Zoo
Ngadem di Ragunan Zoo [image source]
Nama : Republik Jengkol
Alamat : Jalan Kerja Bakti No.16, RT.2/RW.10, Kramat Jati, RT.2/RW.10, Kramat Jati, Jakarta Timur
Jam Buka : 11.00 – 18.00
Telepon : 0811-9165-165

Wah, berniat untuk mencoba makanan enak di Republik Jengkol yang sudah dijamin tidak akan berbau ini kan? Jangan lupa untuk berburu kuliner di Jakarta lainnya yang tak kalah enak.

Advertisement
Tags
Betawi Jakarta Jengkol kuliner jakarta
Share