Kuliner Indonesia Wujud Sama Banyak Nama, Awas Bingung Lho

Advertisement

Indonesia bisa dikatakan sebagai surganya para pecinta kuliner. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak sajian khas dengan berbagai sensasi rasa yang siap memanjakan. Uniknya, ternyata ada beberapa kuliner Indonesia wujud sama banyak nama.

Artinya sajian makanan tersebut punya bentuk yang tak banyak berubah, namun diberi sebutan berbeda di tiap-tiap daerah. Akibatnya, tak jarang orang bingung ketika mencari sajian serupa di luar tempat asalnya. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar kuliner Indonesia wujud sama banyak nama.

1. Bakwan

Bakwan
Bakwan via Instagram utixsepty

Makanan sederhana ini dibuat dengan bahan dasar tepung dan sayuran. Keduanya lantas digoreng di dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan menghasilkan tekstur renyah. Makanan ini bisa dijadikan sebagai lauk pendamping, utama, maupun sebagai camilan.

Warga Bandung mengenal bakwan sebagai bala-bala, sementara orang Surabaya bisa menyebutnya sebagai ote-ote. Lain lagi dengan warga Malang yang justru lebih nyaman memberikan nama weci.

2. Es Cendol

Es Cendol
Es Cendol via Instagram bakoelrasa

Dibuat dari campuran santan, gula merah, dan pandan, es cendol efektif dijadikan sebagai pelepas dahaga maupun penahan lapar. Apalagi di dalamnya terdapat isian yang terbuat dari tepung beras, pas sekali untuk menentramkan perut sejenak kala keroncongan. Es cendol mudah sekali ditemui, baik di penjaja minuman pinggir jalan maupun di beberapa warung.

Uniknya, es cendol ternyata juga punya sebutan berbeda. Warga sekitar Jawa Tengah mengenalnya dengan nama es dawet. Meski demikian, ada juga yang mengatakan dua minuman tersebut berbeda meski bentuknya sangat mirip.

3. Klepon

Klepon
Klepon via Instagram syaffasegaff

Kue berbentuk bulat warna hijau ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang lumayan populer. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Begitu dimakan, gula merah cair di dalamnya akan terasa lumer di mulut. Nikmat sekali dijadikan teman minum kopi maupun teh.

Warga Jawa umumnya mengenal makanan mungil ini sebagai klepon. Namun ternyata ada juga yang menyebutnya sebagai onde-onde. Biasanya para saudara kita yang berasal dari daerah Sumatra.

4. Pecel Ayam

Warga Jakarta mengenal hidangan ini sebagai pecel ayam
Warga Jakarta mengenal hidangan ini sebagai pecel ayam via Instagram mbullmakan

Hampir semua warga ibu kota mungkin sudah familiar dengan sajian pecel ayam. Makanan ini biasanya hadir dalam cobek kecil, berupa ayam goreng yang sedikit dihancurkan agar menyatu dengan sambal dan lalapan. Pas sekali dipilih sebagai menu makan siang atau malam, karena dijamin bakal menggugah selera makan.

Namun demikian, mencari pecel ayam di luar Jakarta mungkin akan sedikit sulit. Sebab masyarakat Jawa lainnya biasa menyebut hidangan ini sebagai penyetan ayam atau lalapan ayam.

5. Pastel

Pastel
Pastel via Instagram dapurfoody

Jajanan satu ini hadir dengan bentuk setengah lingkaran, meski tidak sempurna. Teksturnya renyah dan biasanya hadir dengan isian sayuran, ayam, dan juga telur. Pastel umumnya disajikan dalam acara syukuran maupun sebagai bagian dari hantaran untuk merayakan event tertentu.

Namun jangan harap bisa mencari pastel jika sedang berada di Makassar. Sebab masyarakat di sana mengenal makanan yang sama dengan nama jalang kote. Unik juga ya?

Itulah tadi sekilas mengenai deretan kuliner Indonesia wujud sama banyak nama. Semoga tulisan ini bisa membantu mereka yang kesulitan mencari makanan-makanan tersebut di daerah lain, karena penyebutannya yang berbeda.

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Wisata
Share