Mengenang Letusan Gunung Prau di Museum Dieng Kailasa

Kawasan wisata Dieng memiliki banyak destinasi untuk disinggahi. tentu saja tak semuanya bertema alam. Ada juga bangunan bersejarah seperti candi dan museum yang menyimpan banyak sekali informasi penting. Seperti Museum Kailasa. Apa saja yang ada di dalam museum tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Museum Tentang Dataran Tinggi Dieng

Museum Kailsa Dieng
Museum Kailsa Dieng via RyNaRi 

Letak Museum Kailasa berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Di area wisata pendidikan ini, kamu bisa mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan kawasan Dieng dari masa silam hingga sekarang. Kamu bisa membaca informasi sejarah, cerita-cerita masyarakat setempat, berbagai macam kebudayaan, hingga pengetahuan tentang tumbuhan dan binatang.

2. Sejarah Museum Kailasa

Museum Kailsa Dieng
Museum Kailsa Dieng RyNaRi 

Pembangunan museum dimulai pada tahun 1984 dan memiliki luas sekitar 560 meter persegi. Di tahun 2008, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI meresmikan perluasan museum. Nama Kailasa berhubungan dengan salah satu Gunung yang dijadikan sebagai tempat Pemujaan Dewa Syiwa menurut ajaran Hindu. Di Dieng sendiri memang ada Candi Arjuna yang menandakan pemujaan terhadap Dewa Syiwa.

3. Koleksi Bersejarah yang Berharga

Museum Kailsa Dieng
Museum Kailsa Dieng via IndonesiaKaya.com

Beberapa koleksi menarik yang bisa kamu lihat di sini adalah arca, atap candi, lingga, yoni, tungku sesaju, hingga patung Dewa Syiwa dengan tiga wahana. Benda-benda tersebut merupakan bagian dari candi-candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Sebagian koleksi disimpan dalam bangunan candi yang terbagi menjadi dua gedung. Taman-taman di sekitarnya juga menambah keistimewaan Museum Kailasa.

4. Mengenang Letusan Gunung Prau Tua

Museum Kailsa Dieng
Museum Kailsa Dieng via @aryadidarwanto

Dataran Tinggi Dieng terbentuk karena letusan Gunung Prau Tua. Kamu bisa menambah wawasan tentang hal tersebut dengan berkunjung ke Museum Kailasan. Ada banyak sekali informasi sejarah mengenai Gunung Prau Tua. Termasuk juga masyarakat dan kendudayaan yang berkembang dan terjaga hingga saat ini. Agar lebih interaktif, disediakan juga ruangan khusus untuk menonton film yang menceriatakan keseharian masyarakat Dieng.

Itulah beberapa hal tentang Museum Kailasa di Banjarnegara. Udara di sini sangat sejuk, kamu pun bisa belajar dengan lebih santai sambil menikmati taman bunga yang indah.

Tags
Banjarnegara Dieng Indonesia Jawa Tengah Museum Wisata Dieng
Share