Kuliner Indonesia dengan Nama Asing Ditelinga, Pernah Dengar?

Ada banyak kuliner yang dijajakan di bulan Ramadan. Kolak pisang, bubur kacang hijau, es doger, es campur, mungkin akrab di telinga Teman Traveler. Berbeda dengan dafar di bawah ini. Kuliner Indonesia dengan nama asing ini mungking belum pernah kalian dengar sebelumnya. Kira-kira ada apa saja ya? Catat daftarnya yuk!

Sate Susu

Sate Susu
Sate Susu, via Instagram/kulineeran

Rembiga, sate lilit, kambing, ayam, mungkin sudah sering didengar. Indonesia juga punya kuliner unik seperti sate susu. Makanan yang berasal dari Bali ini dan mudah ditemui ketika bulan Ramadan tiba. Uniknya bahan dasar sate ini terdiri dari puting susu sapi yang dipotong berbentuk dadu, lalu direbus dan dipadu dengan saus kacang dan kecap.

Bumbunya berasal dari tepung bersa yang dicampur dengan santan serta rempah-rempah seperti kencur, cabai, dan lain-lain. Teman Traveler bisa berburu wisata kuliner Bali murah ini di sepanjang Jl. Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya berada sekitar kawasan Masjid Baiturrahman.

Gulai Siput

Kuliner dengan nama asing
Gulai Siput, via Instagram/bengkalis_riau

Biasanya bahan dasar makanan berkuah ini terdiri dari daging kambing atau ikan. Tapi apakah Teman Traveler pernah mendengar kata Gulai Siput? Ini merupakan sajian khas dari Riau.

Sama seperti gulai kebanyakan, kuahnya juga berwarna kuning dan menggunakan bumbu rempah pada umumnya. Masyarakat Tanjung Pinang mengolahnya menjadi hidangan yang berbeda dengan sebutan Gulai Cipuik. Perbedaannya terletak pada tekstur daging yang kenyal. Sensasi berbeda itulah yang menjadi ciri khas kuliner Riau satu ini.

Kue Asida

Kue Asida
Kue Asida, via Instagram/beta.makan.terus

Nggak hanya Bali, Maluku Utara juga punya takjil khas yang menggugah selera bernama Asida. Penganan yang terbuat dari terigu, gula merah dengan tambahan kapulaga, daun pandan, dan kayu manis ini berbentuk menyerupai dodol.

Pas dijadikan sebagai takjil karena memiliki cita rasa yang manis dan kenyal. Teman Traveler dapat dengan mudah menemukannya di sespanjang Pantai Falajawa, Kota Ternate. Bahkan hampir setaiap stan makanan menjual kue ini. Harganya pun murah, karena per biji dibanderol mulai dari Rp3000an saja tergantung ukuran.

Mie Glosor

Mie Glosor
Mie Glosor, via Instagram/diet.kapan2

Berbicara soal kuliner dengan nama asing, hidangan khas Bogor ini juga menjadi idola di bulan puasa. Mie Glosor menjadi menu yang mengenyangkan karena porsi, rasa, dan teksturnya yang menggugah selera. Beberapa pasar Ramadan di Bogor biasanya menjual hidangan berikut. Rasa gurih didapat dari bumbu yang meresap ke dalam mie. Sajian satu ini bahkan kerap kali dirindukan dan menjadi yang paling dinanti-nanti.

Daftar kuliner Indonesia dengan nama asing tadi bisa kalian coba. Apalagi keberadannya yang hanya muncul setahun sekali tepatnya di bulan Ramadan. Sayang kan kalau kelewat.

Tags
Indonesia kuliner kuliner asing
Share