Kuliner Ikan Khas Sumbawa, Sumber Protein dan Enaknya Juara

Sumbawa merupakan salah satu wisata yang kondang dari Nusa Tenggara Barat selain Lombok. Ciri khas kuliner Sumbawa adalah menawarkan makanan yang didominasi olahan ikan dengan cita rasa gurih. Selain itu, ikan juga memiliki nutrisi tinggi yang bisa membuat tubuh jadi sehat. Jika sedang di pulau indah ini, jangan lupa mencicipi kuliner ikan khas Sumbawa. Apa saja?

Singang

Singang, via Instagram/alodybeauty
Singang, via Instagram/alodybeauty

Kuliner ikan Sumbawa yang pertama adalah singang. Merupakan sajian dari ikan segar yang dibumbui dengan berbagai macam rempah. Karena itulah jika dilihat sekilas akan mirip dengan gulai ikan. Kuliner kuah yang biasanya dipadu dengan daun kemangi, cabai rawit, dan asam jawa. Karena kombinasi itulah rasanya jadi gurih, pedas, dan sedikit asam.

Sepat

Sepat Khas Sumbawa, via Instagram/jelajahsumbawa
Sepat Khas Sumbawa, via Instagram/jelajahsumbawa

Kemudian ada sepat khas Sumbawa yang tardisional dan kaya rasa. Aromanya wangi karena memang bahan utama dan sebagian besar bumbunya dibakar. Ikan ini bisa saja digoreng ataupun direbus, namun pengolahan dengan cara dibakar karena digadang-gadang membuat rasanya makin nikmat saja.

Untuk bumbu bakarnya ada terung, bawang dan juga terasi. Biasanya juga akan ditambah dengan asam dari belumbing wuluh yang memberikan rasa segar.

Uta Palu Mara

Uta Palumara, via Instagram/sibungbung
Uta Palumara, via Instagram/sibungbung

Ada juga yang namanya Uta Palu Mara yang memanfaatkan ikan tongkol, ikan cakalang, atau ikan kakap sebagai bahan utamanya. Untuk membuat kuliner khas Sumbawa ini, bahan utama yang digunakan adalah kepala ikan berukuran besar karen lemak dan tulang muda di bagian kepalanya. Ini merupakan kuliner kuah dengan rasa segar dari tomat merah dan belimbing wuluh.

Uta Londe

Uta Londe, via Instagram/jelajahsumbawa
Uta Londe, via Instagram/jelajahsumbawa

Kuliner Sumbawa lainnya adalah Uta Londe. Kuliner ini merupakan ikan bandeng bakar berukuran besar yang tanpa dibersihkan isianya, hanya dibuang jeroannya. Uniknya lagi, hanya menggunakan garam sebagai bumbunya. Meskipun begitu, rasanya tetap enak lho. Biasanya disajikan dengan sambal kecap dan potongan jeruk lemon. Rasa gurih dipadu dengan sambal plus potongan asam jeruk, akan bikin kamu ketagihan.

Itulah kuliner ikan khas Sumbawa yang bisa kamu coba jika jelajah ke wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Tana Intan Bulaeng ini. Tertarik untuk mencoba yang mana dulu?

Tags
Indonesia kuliner kuliner ikan khas Sumbawa Kuliner ikan sumbawa Sumbawa
Share