Kuliner Enak Sekitar Simpang Lima Semarang, Kenyang Hingga Tengah Malam

Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah memiliki cara sendiri untuk menarik perhatian. Bukan hanya bangunan tua seperti Lawang Sewu, kuliner dari jajanan hingga menu berat siap memanjakan lidah. Termasuk kuliner di Simpang Lima berikut ini. Tak hanya murah, tapi juga mengenyangkan.

1. Pecel Mbok Sador

Pecel Mbok Sador
Pecel Mbok Sador via instagram/@prissiakristiani

Kuliner pertama yang bisa dicoba saat singgah di Simpang Lima adalah Pecel Mbok Sador. Tempat makan ni buka dari sore hingga malam hari. Tak hanya letaknya yang strategis, lauk yang disediakan juga beragam. Tentu saja dengan harga yang terjangkau. Pecel yang awalnya jualan di gang Gandekan ini tidak hanya kaya akan lauk, tapi juga sayur segar. Belum lagi dengan sambal khasnya yang menggugah selera. Makan malam dijamin makin istimewa.

Pecel Mbok Sador di Semarang
Pecel Mbok Sador di Semarang via instagram/@harrieharahap

2. Nasi Ayam Bu Sami

Nasi Ayam Bu Sami di Semarang
Nasi Ayam Bu Sami di Semarang via instagram/@elsafooddiary

Jelajah kuliner tengah malam di Simpang Lima, kamu tak hanya menemukan Pecel Mbok Sador. Ada satu lagi menu enak yang bakal membuatmu kenyang hingga tengah malam. Nama Nasi Ayam Bu Sami, warung lesehan yang buka dari jam 11 malam hingga 6 pagi. Jualan dari tahun 1975, Bu Sami menawarkan nasi liwet yang seporsinya terdiri dari krecek, sayur labu, santan kuning dan suwiran ayam. Mau menu lain juga bisa. Ada telur, tahu dan jeroan (usus, ati ampela, uritan dan telur muda) yang dibacem.

Nasi Ayam Bu Sami
Nasi Ayam Bu Sami via instagram/@kyirfano

3. Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo di Semarang
Tahu Petis Prasojo di Semarang via instagram/@wiyanaananta

Tak hanya menu berat, kamu juga bisa menemukan camilan enak di sekitar Simpang Lima. Salah satunya Tahu Petis Prasojo yang sudah berjualan sejak tahun 1980. Camilan ini disajikan dengan sambal atau bumbu sebagai cocolan. Namun, yang paling enak ketika langsung dioleskan di bagian tengah tahu. Rasa gurih udang dalam sambal begitu terasa. Selain di makan di tempat, kamu juga bisa memesan sambal untuk oleh-oleh loh.

Tahu Petis Prasojo
Tahu Petis Prasojo via instagram/@dearfood.id

4. Seafood Pak Jari

Seafood Pak Jari
Seafood Pak Jari via instagram/@makansemarangku

Berada di satu lokasi dengan kuliner sebelumnya, kedai Seafood Pak Jari juga tak kalah menarik perhatian. Aneka hidangan dari udang, srimping, bawal, nila, gurame, kerapu, cumi, kakap, kerang hingga kepiting siap memanjakan lidah pecinta seafood. Tidak hanya digoreng, menu di sini juga disajikan dalam bentuk bakar serta dioseng lada hitam. Untuk harganya, lumayan terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, harganya sekitar Rp25.000-Rp50.000.

Seafood Pak Jari di Semarang
Seafood Pak Jari di Semarang via instagram/@whycandra_

Itulah empat kuliner di Simpang Lima Semarang yang siap membuat lidahmu bergoyang. Porsinya yang lumayan juga bikin kenyang hingga tengah malam. Jadi, kapan nih liburan lagi ke Semarang

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner di Semarang semarang Simpang Lima
Share