Jelajah Kuliner Wedangan, Hangatkan Malam di Semarang

Liburan ke Semarang kurang lengkap jika belum mencoba kuliner khasnya. Tak hanya Lumpia, kamu juga bisa menjejalah warung-wedangan dengan minuman hangat menggugah selera. Menariknya, harga setiap menunya terjangkau dan tak bikin kantong jebol. Penasaran di mana saja?

1. Jahe Rempah Mbah Jo

Jahe Rempah Mbah Jo, Semarang
Jahe Rempah Mbah Jo, Semarang [image source]
Udara sejuk malam hari memang paling pas ditemani minuman hangat seperti wedang jahe. Sajian istimewa ini dapat kamu temukan di Jalan Menterei Supeno 1 yang dikenal dengan warung Jahe Rempah Mbah Jo. Sesuai dengan namanya, warung yang dirintis sejak tahun 1996 ini menyediakan aneka minuman berbahan rempah dari jahe, kunir, hingga temulawak. Setidaknya ada 20 menu yang ditawarkan. Selain menghangatkan tubuh, minuman di warung Mbah Jo ini juga menyegarkan, loh!

Jahe Rempah Mbah Jo
Jahe Rempah Mbah Jo [image source]

2. Warung Wedang Cap Kwa King

Warung Wedang Cap Kwa King, Semarang
Warung Wedang Cap Kwa King, Semarang [image source]
Pasar Semawis paling pas menjadi tujuan wisata kuliner di sore atau malam hari. Selain ada Pisang Plenet, kamu bisa menjajal menu di Wedang Cap Kwa King. Ada wedang kacang tanah, kacang ijo, sekoteng dan ronde yang siap menghangatkan suasana. Meski dijual sederhana di atas gerobak dorong, jajanan ini tetap difavoritkan. Apalagi penjualnya sangat ramah saat melayani pembeli.

Warung Wedang Cap Kwa King
Warung Wedang Cap Kwa King [image source]

3. Wedang dan Es Puter Pak Kirman

Wedang Roti Pak Kirman
Wedang Roti Pak Kirman [image source]
Warung yang berlokasi di Jalan MT. Haryono No. 406 ini unik dibandingkan lainnya. Buka dari jam 6 hingga 10 malam, menu yang disajikan bukan hanya wedangan seperti kacang tanah, ronde, roti, serta kacang ijo. Kedai kecil milik Pak Kirman juga menyediakan es puter dengan beragam rasa. Kamu bisa memesan tiga scoop es dengan rasa berbeda mulai dari pandan, durian, hingga cokelat.

Wedangan Es Puter Pak Kirman
Wedangan Es Puter Pak Kirman [image source]

4. Wedang Ronde Warung Ijo Mataram

Wedang Kacang Dan Tahu Petis Mataram
Wedang Kacang Dan Tahu Petis Mataram [image source]
Sajian wedang kacang ijo dan kacang tanah menjadi menu andalan di Wedang Ronde Warung Ijo Mataram. Kedai yang buka dari jam 5 sore ini terletak di Jalan MT. Haryono 724. Berbeda dengan kedai Pak Kirman, warung ini memiliki menu spesial berupa tahu petis. Hingga artikel ini ditulis, harga tahu tersebut sebesar Rp3.000 per porsinya. Soalnya rasa, tak perlu ditanyakan lagi.

Tahu Petis Mataram
Tahu Petis Mataram [image source]

5. Wedang Kacang Kapuran

Wedang Kacang Kapuran, Semarang
Wedang Kacang Kapuran, Semarang [image source]
Dari namanya, sudah bisa tebak jika menu andalan di sini adalah wedang kacang ijo. Warung yang hampir berusia setengah abad ini memiliki keistimewaan dari kuahnya. Tak begitu kental dan didominasi oleh santan. Sementara kacang hijaunya dimasak dalam waktu cukup lama, namun bentuknya tetap utuh. Menariknya lagi, kedai ini juga menawarkan aneka jajanan khas Semarang. Penasaran? Datang saja ke Gang Kapuran di sekitar Jalan Ki Mangunsarkoro.

Wedang Kacang Kapuran
Wedang Kacang Kapuran [image source]
Itulah dia warung wedangan di Semarang dengan menu hangat yang menggugah selera. Selain rasanya spesial, harga setiap menunya juga tak bikin jantungan. Jadi, kapan jelajah kuliner di atas?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Malam semarang Weda
Share