Kuliner Enak Sekitar Alun-Alun Madiun, Anti Keroncongan Saat Jalan-jalan

Alun-alun merupakan salah satu destinasi yang banyak dituju saat orang-orang datang ke Madiun. Maka dari itulah, banyak sekali daya tarik yang disuguhkan, misalnya saja wisata kuliner Madiun. Ada banyak kuliner di sekitar alun-alun Madiun yang bisa jadi jujukan saat perut sedang keroncongan meminta makan. Buat kamu yang berencana jalan-jalan di sekitaran Alun-alun Madiun, berikut ini tempat kulineran enak yang bisa dituju.

Dawet Suronatan

Dawet Suronatan, Via Instagram madiunnih
Dawet Suronatan, Via Instagram madiunnih

Dawet Suronatan merupakan tempat kuliner legendaris di Madiun. Bagaimana tidak, lokasi ini sudah berdiri sejak tahun 1962 yang lalu. Lokasinya berada di Jl. Merbabu No. 10, Kota Madiun, sekitar 100 meter dari Alun-Alun Madiun. Lokasinya agak masuk ke dalam, jadi jika sudah sampai di alun-alun dan bingung lokasi tepatnya, bisa langsung bertanya pada orang-orang sekitar.

Garang asem di Dawet Suronatan, Via Instagram sasmitaedo
Garang asem di Dawet Suronatan, Via Instagram sasmitaedo

Menu yang ditawarkan utamanya adalah dawet, garangasem dan juga gado-gado. Selain itu banyak menu lainnya yang tidak kalah nikmat, misalnya saja ada soto, bakso, dan lain-lain.

Depot Tahu Panggung/Lontong Tahu Telor

Dawet Suronatan dan Lontong Tahu Telor Panggung, Via Instagram aaf_blog
Dawet Suronatan dan Lontong Tahu Telor Panggung, Via Instagram aaf_blog

Lokasinya berada di Jl. Merbabu, Pangongangan, Mangu Harjo, Madiun. Lokasinya berada sangat dekat dengan Alun-alun Madiun. Menu di sini juga banyak, ada tahu telor, garang asem, dan lain-lain. Rasanya sangat nikmat meskipun lokasinya cukup sederhana. kurang lebih 50 meter dari alun-alun Madiun, sebelum Dawet Suronatan. Dulu namanya adalah Depot Tahu Panggung sekarang berganti jadi Lontong Tahu Telor.

Rumah Makan Sambal Lalap

Menu di Sambal Lalap Madiun, Via Instagram yuni.astutik.58
Menu di Sambal Lalap Madiun, Via Instagram yuni.astutik.58

Meskipun belum seterkenal Dawet Suronatan, Rumah Makan Sambal Lalap ini juga sering menjadi jujukan orang-orang yang datang ke Alun-alun Madiun. Rasanya nikmat dan harganya sangat murah meriah membuat banyak orang ketagihan. Alamatnya berada di Jl. Bogowonto No. 40, Pandean, Kota Madiun. Jaraknya dari alun-alun hanya 240 meter saja atau jalan kaki selama tiga menit ke arah selatan agak pojok.

Jajanan Kaki Lima

Makanan dan jajanan di sekitaran Alun-alun Madiun, Via Instagram ariks_zhu
Makanan dan jajanan di sekitaran Alun-alun Madiun, Via Instagram ariks_zhu

Satu hal lagi yang tidak boleh kamu lewatkan saat jalan-jalan di sekitaran alun-alun Madiun yakni berbagai jajanan kaki lima. Meskipun kaki lima, bukan berarti rasanya biasa saja. Banyak kuliner enak di sekitaran Alun-alun Madiun meskipun dalam bentuk kaki lima. Mulai dari makanan ringan sampai berat, semuanya ada. Jadi, tinggal pilih saja yang ingin kamu coba. Kuliner kaki lima ini hampir ada di setiap sudut Alun-alun Madiun.

Meskipun kota kecil, Madiun menyuguhkan banyak pesona bukan? Yuk segera berkunjung ke Madiun dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khasnya yang bisa dibawa untuk keluarga di rumah.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner di sekitar alun-alun Madiun Madiun
Share