Dari Pecel Sampai Roti Bluder, ini Oleh-oleh Khas Madiun yang Bikin Ngiler

Madiun merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang belakangan banyak dikunjungi karena memiliki destinasi wisata yang seru. Salah satu destinasi wisata yang memang sedang hits dan kekinian adalah Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo yang berlokasi di Kare, Kabupaten Madiun. Di sini memang awalnya hanya pohon pinus saja, namun belakangan sudah berkembang jadi destinasi favorit.

Pulang dari Madiun tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Selama ini jika berbicara kuliner Madiun, pasti tidak jauh-jauh dari Pecel ataupun juga Brem. Padahal, banyak juga buah tangan asli dari Madiun yang bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga yang sudah menunggu di rumah. Berikut ini 5 rekomendasi oleh-oleh khas Madiun yang bisa untuk kamu bawa pulang.

1. Sambel Pecel

Sambel Pecel Madiun Via Instagram omahmaja

Oleh-oleh yang paling terkenal dan banyak diminati dari Madiun adalah sambel pecel. Memang benar daerah lainnya di Indonesia juga memiliki sambel pecel, tapi sambel dari Madiun ini memiliki citarasa yang khas yang tidak ada di kota lainnya. Rasanya cenderung manis pedas sangat khas. Bahan pembuatnya sendiri adalah kacang tanah, cabai, daun jeruk, dan beberapa bumbu rempah.

Sabel Pecel yang bisa banget untuk oleh-oleh Via Instagram omahmaja

Di Madiun, hampir semua toko oleh-oleh menyediakan Sambel Pecel. Jadi, kamu tak perlu takut jika nanti kesusahan saat ingin membelinya. Rasanya juga sesuai selera, ada yang manis, sedang dan juga pedas.

2. Brem

Brem Mirasa Via Instagram madiunbakulan

Buah tangan lain yang tidak kalah populer dari sambel pecel adalah brem. Buat kamu yang belum terlalu familiar dengan brem, ini merupakan makanan yang terbuat dari sari ketan hitam yang difermentasikan sedemikian rupa. Rasanya sendiri dominan manis dan sedikit asam. Buat kamu para pecinta makanan dengan perpaduan manis dan asam, bolehlah brem asli dari Madiun ini dicoba.

Brem aneka rasa via Instagram ellefantstore

Sekarang ini brem sudah dikreasikan dengan berbagai rasa yang berbeda. Mulai dari stroberi, cokelat, melon, jeruk, dan lain-lain. Ukurannya pun juga menyesuaikan, ada yang besar dan juga kecil.

3. Krupuk Puli

Kerupuk Puli yang sudah digoreng Via Instagram kerupukpulisastro

Krupuk puli atau yang biasa disebut juga dengan Lempeng juga bisa jadi rekomendasi oleh-oleh dari Madiun. Krupuk yang terbuat dari bahan beras ini memiliki rasa yang sangat gurih, enak untuk dijadikan camilan ataupun juga sebagai lauk makan. Untuk oleh-oleh, biasanya krupuk puli ini dijual dalam bentuk yang masih mentah, perlu digoreng. Tapi ada juga yang sudah matang, tapi tentu saja akan susah nanti saat dibawa.

4. Madumongso

Madumongso Via Instagram madumongso_anak_sholeh

Madumongso, sebenarnya ini awalnya merupakan salah satu hidangan yang biasanya ada saat lebaran Idul Fitri. Tapi memang belakangan sudah menjadi oleh-oleh khas Madiun yang banyak diburu. Madumongso ini sejenis dodol yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasi. Tak hanya rasanya saja yang bisa dibilang unik, pengemasan dari Madumongso ini juga cukup menarik.

5. Bluder Cokro

Bluder Cokro yang empuk mak nyuss Via Instagram bludercokromadiun

Bluder Cokro juga bisa jadi oleh-oleh selanjutnya yang bisa kamu ambil saat sedang berjelajah di Madiun. Bluder Cokro ini memiliki 14 varian rasa yang bisa diambil, contohnya keju, kismis, kacang, nutela, strawberry dan lain-lain. Bluder Cokro Madiun ini bisa tahan sampai 6 hari tanpa bahan pengawet. Jadi, buat kamu yang perjalanan jauh, oleh-oleh ini bisa jadi pilihan. Sementara itu untuk bisa mendapatkan Bluder Cokro ini, beli saja di Jl.HOS.Cokroaminoto.

Itulah buah tangan yang bisa kamu bawa pulang setelah selesai berjelajah di Madiun. Semoga informasi di atas bisa membantu ya.

Tags
buah tangan Madiun oleh-oleh khas Madiun oleh-oleh Madiun
Share