Rekomendasi Kuliner di Jakarta, Lebaran di Ibu Kota tetap Asyik Saja

Jakarta memang akan sepi saat lebaran jika dibandingkan dengan hari biasanya. Meskipun sepi bukan berarti tidak ada orang, kan? Masih banyak orang asli Jakarta, atau mereka yang dari luar kota memutuskan untuk tidak mudik. Nah, buat teman Traveler yang memutuskan untuk tidak mudik tenang saja ya. Ada rekomendasi kuliner di Jakarta dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang perlu dicicipi kenikmatanhya. Berikut 5 kuliner di Jakarta yang disarankan Kemenpar.

Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia, via Instagram/buncitinperut
Mie Ayam Gondangdia, via Instagram/buncitinperut

Rekomendasi pertama adalah Mie Ayam Gondangdia. Sesuai dengan namanya, tempatnya berada di daerah Gondangdia, tepatnya di Jl. RP Soeroso No. 36. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan memang pantas jika disebut kuliner legendaris Jakarta.

Dulunya disebut sebagai Bakmi Godila atau singkatan Bakmi Gondangdia Lama. Banyak penggemar mie ini, salah satunya adalah Megawati Soekarnoputri, salah satu mantan Presiden Republik Indonesia.

Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi uduk Kebon Kacang, via Instagram/nana_jajan
Nasi uduk Kebon Kacang, via Instagram/nana_jajan

Tidak kalah legendaris dari yang sebelumnya ada Nasi Uduk Kebon Kacang. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1967 oleh Abdul Hamid Toha. Alamatnya berada di Jl. Kebon Kacang 8 No. 5. Jam bukanya mulai pukul 10:00 hingga 23:30 WIB. Menu utama yang ditawarkan di tempat ini tentu saja nasi uduk gurih yang dipadukan dengan ayam gorengnya yang istimewa.

Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Ma’ruf, via Instagram/anak.kuliner
Soto Ma’ruf, via Instagram/anak.kuliner

Tempat enak lainnya yang sangat perlu kamu kunjungi adalah Soto Betawi H. Ma’ruf. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1940, sebelum masa Kemerdekaan. Awalnya, Haji Ma’ruf berjuang dengan pikulannya sampai tahun 1970 dan akhirnya menetap di lokasi. S

oto legendaris di Jakarta ini berkali-kali pindah, terakhir berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 20:30 WIB.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasgor Kebon Sirih, via Instagram/jktfoodictionary
Nasgor Kebon Sirih, via Instagram/jktfoodictionary

Pengin nasi goreng yang mantap? Kamu pasti familiar dengan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang nikmat dan menggugah selera. Lokasinya berada di Jl. Kebon Sirih Barat 1, Mentang, Jakarta Pusat. Jam bukanya mulai dari pukul 17:00 hingga 02:00 WIB. Tempat ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1958 dan sekarang menjadi salah satu favorit warga Ibu Kota.

Sate Khas Senayan

Sate Khas Senayan, via Instagram/prasetyowati.indah
Sate Khas Senayan, via Instagram/prasetyowati.indah

Tempat lainnya yang perlu banget dikunjungi adalah Sate Khas Senayan yang telah muncul sejak tahun 1974. Ini merupakan sebuah tempat yang menyajikan sate di tempat yang lebih berkelas. Ciri khas sate di sini sangat empuk dengan bumbu kacang yang halus. Ada sate ayam, kambing dan juga sapi. Cabangnya banyak di Jakarta, salah satunya di Jl. Kebon Sirih No. 31 A.

Itulah rekomendasi kuliner di Jakarta yang memang selama ini sudah terbukti belasan tahun lamanya dan enak rasanya. Jangan sampai libur lebaranmu membosankan ya. Maka dari itu, momen liburan ini juga jadi ajang icip-icip banyak makanan.

Tags
Ibu kota Indonesia Indonesia Jakarta Kuliner di Jakarta
Share