Kuliner Nama Balap di Indonesia, Langsung Menggugah Selera

Ragam kuliner Indonesia, dari Sabang sampai Merauke begitu banyak. Nggak salah jika meski kita merasa sudah mejelajah ke berbagai wilayah di Nusantara, tetap saja ada makanan yang luput dari pengetahuanmu. Tidak jarang kuliner Indonesia ini juga memiliki nama yang tak biasa. Seperti halnya kuliner dengan nama balap di Indonesia. Ada apa saja?

Lontong Balap

Lontong balap, via Instagram/laparlagimakanlagi
Lontong balap, via Instagram/laparlagimakanlagi

Paling kondang dari Surabaya ada yang namanya lontong balap. Dalam satu porsi biasanya akan berisi irisan lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng plus kecap dan sambal. Jika membeli di kota aslinya, taoge yang ditawarkan dalam satu porsi akan begitu melimpah. Jadi jika kamu kurang suka dengan taoge, bisa meminta untuk dikurangi ya.

Awal mula penamaanya lantaran para penjual lontong yang awalnya dipikul berebut pembeli saat menuju ke Pasar Wonokromo. Dan lantaran berjalan cepat menuju pos terakhir, jadilan menimbulkan kesan berpacu sesama penjual. Dan inilah yang melatarbelakangi penamaan lontong balap.

Nasi Balap Puyung

Nasi balap, via Instagram/nasibalaplincak
Nasi balap, via Instagram/nasibalaplincak

Selanjutnya ada kuliner Lombok, namanya adalah nasi balap. Satu porsinya akan ada nasi putih ditambah dengan suwiran ayam, kering kentang, kedelai goreng, dan telur. Awalnya, kuliner ini hanya dinamakan nasi puyung saja lantaran berasal dari Kampung Puyung, Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat (NTB). Namun lantaran cucu sang pembuat pertamanya seorang pembalap yang kerap mentraktir temannya di warung, jadilah diberi nama nasi balap puyung.

Mie Balap

Mie balap, via Instagram/hungryeyes.id
kuliner nama balap dari medan, via Instagram/hungryeyes.id

Ada mie balap yang beradal dari Medan. Ini merupakan menu sarapan yang kondang. Ada bihun atau kwetiau yang dipadu dengan telur, sawi, bawang, dan daun bawang. Ada juga yang memberinya lauk berupa daging ayam, bakso ikan, ataupun seafood. Kenapa disebut mie balap, lantaran para penjualnya punya kecepatan tangan yang tinggi saat memasak. Ciri khas olahan mie di sini adalah cabai dan bawang putih yang melimpah.

Tongseng Balap

Tongseng balap, via Instagram/udachoiril
Tongseng balap, via Instagram/udachoiril

Kemudian ada tongseng balap yang berada di kawasan Cildeug, Tangerang. Di ini ada yang namanya tongseng balap. Harganya murah meriah dan rasanya begitu unik. Ada dua tempat yang bisa kamu tuju, pertama berada di Jl. Joglo dan yang kedua di Jl. H. Saba’. Rasanya memang pedas, namun bikin ketagihan lho. Kamu yang suka pedas, tempat ini rekomended banget lho.

Memang unik dan kreatif sekali masyarakat Indonesia, memberi nama dengan kata-kata yang tak biasa. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu kuliner nama balap di Indonesia yang sudah disebutkan?

Tags
Indonesia kuliner dengan nama balap di Indonesia kuliner nama balap
Share