Di Wisata Baru Ini, Kamu Bisa Lewat di Antara Air Terjun Bertingkat

Advertisement
Advertisement

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang tak terbantahkan keindahannya. Tak hanya pesona golden sunrise, keindahan lautan pasir hingga padang savananya pun membuat wisatawan, baik dalam maupun luar negeri tertarik untuk kembali ke sini. Sepulang dari destinasi mendunia ini, tidak ada salahnya untuk mampir ke objek wisata  baru yang belakangan cukup populer di sekitar lereng Gunung Bromo. Wah, penasaran di mana tempatnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Air Terjun Cantik di Kawasan Nongkojajar

Air Terjun Sumber Nyonya Nongkojajar
Air Terjun Sumber Nyonya Nongkojajar [image source]
Jalur alternatif menuju ke Bromo tidaklah sedikit. Selain lewat Malang dan Probolinggo, kamu juga bisa menggunakan rute Pasuruan. Di rute ini pula banyak destinasi wisata baru yang mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat. Salah satunya adalah Air Terjun Sumber Nyonya yang memiliki pesona dan tidak kalah dengan coban-coban hits di Malang. Meski tak cukup tinggi, yang membuat coban ini menarik adalah tingkatannya yang berjumlah 3.  Di tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 15 m, tingkat dua 7 m dan tingkat tiga setinggi 15 m. Nah, lokasi dari objek wisata di Pasuruan ini sendiri terletak di Dusun Jelak, Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur.

Keindahan Air Terjun Sumber Nyonya
Keindahan Air Terjun Sumber Nyonya [image source]

Spot Anyar untuk Hunting Foto

Air terjun bertingkat
Air terjun bertingkat [image source]
Air Terjun Sumber Nyonya sebenarnya sudah lama ditemukan. Sebelumnya, tempatnya kurang terawat sehingga pengunjung yang datang tidak banyak. Belakangan, objek wisata di kawasan Nongkojajar ini mulai dibersihkan. Kerennya lagi, fasilitasnya pun juga makin diperbanyak mulai dari taman hingga jembatan. Wajah baru dari air terjun ini pun menarik perhatian masyarakat sekitar, apalagi yang hobi hunting foto. Nah, berminat untuk menikmati kesejukan air pegunungan di sini kan?

Taman di Air Terjun Sumber Nyonya
Taman di Air Terjun Sumber Nyonya [image source]

Sumber Air yang Menyegarkan

Pesona Air Terjun Sumber Nyonya
Pesona Air Terjun Sumber Nyonya [image source]
Untuk mencapai air terjun satu ini, kamu tidak akan melakukan tracking cukup jauh. Pasalnya, lokasi dari objek wisata ini tidak begitu jauh dari pemukiman warga. Nah, selain hunting foto keindahan alam serta menikmati gemericik air yang menyegarkan, ada aktivitas lain yang dapat kamu di sini. Adalah berenang di salah satu perairannya yang cukup dangkal. Beberapa pengunjung yang datang ke sini tidak ragu-ragu untuk meloncat dari bebatuan untuk berenang. Wah, menyenangkan bukan?

Berenang di Air Terjun Sumber Nyonya
Berenang di Air Terjun Sumber Nyonya [image source]

Menyantap Menu Makanan Enak di Plataran Bromo

Teras Bromo
Teras Bromo [image source]
Sebelum sampai di Air Terjun Sumber Nyonya, jangan lupa mengisi tenaga. Salah satu tempat makan yang tidak jauh dari Gunung Bromo adalah Teras Bromo yang terletak di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Nah, jika tak sempat mampir, di kawasan Nongkojajar banyak kedai makanan dengan harga terjangkau. Mulai dari mie ayam, bakso hingga kedai makanan lainnya lengkap tersedia di sini. Jadi, tak perlu khawatir lagi mau makan apa usai berenang di Air Terjun Sumber Nyonya.

Plataran Teras Bromo
Plataran Teras Bromo [image source]

Berburu Oleh-Oleh Khas Nongkojajar

Lalapan Mas Bri
Lalapan Mas Bri [image source]
Malang boleh dikenal sebagai kota Apel. Namun, Nongkojajar yang terletak di Kabupaten Pasuruan yang juga merupakan kawasan pemroduksi apel berkualitas. Nah, sepulang dari Air Terjun Sumber Nyonya tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh berupa apel. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membeli aneka macam bingkisan lain khas Nongkojajar. Sebut saja kripik apel, sari apel, krupuk susu hingga susu segar yang bisa langsung dibeli di area Pasar Nongkojajar.

Kadai Susu Segar
Kadai Susu Segar [image source]
Nama : Air Terjun Sumber Nyonya
Alamat : Dusun Jelak, Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur

Hingga saat ini objek wisata alam Pasuruan ini masih menggratiskan biaya masuknya. Hanya saja akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan. Nah, tertarik untuk mampir ke sini usai liburan ke Bromo kan?

Advertisement
Tags
Air Terjun Gunung Bromo Jawa Timur Nongkojajar Pasuruan
Share