Thiwul, Kuliner Tradisional yang Sekarang Jadi Kekinian

Tanah air kita ini dikenal sebagai pulau yang subur. Apapun yang ditanam, pasti bisa tumbuh dengan baik. Pada kenyataannya, beberapa wilayah di Indonesia kekurangan nasi sehingga harus mengganti santapannya dengan singkong atau ketela pohon, seperti thiwul yang kini dijadikan oleh-oleh Jogja.

Apa Sih Thiwul Itu?

Makanan tradisional, Thiwul
Makanan tradisional, Thiwul [image source]
Thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Meski kalorinya lebih rendah daripada nasi, tapi mampu membuat kenyang. Selain menjadi bahan subtitusi untuk beras, thiwul ternyata dipercaya bisa mencegah penyakit maag. Makanan jenis ini dulu banyak ditemukan pada masa penjajahan Jepang. Namun sekarang, jadi kuliner yang menarik di beberapa kota.

Makanan Khas Daerah Pegunungan

Thiwul, makanan tradisional yang kini jadi kuliner menarik
Thiwul, makanan tradisional yang kini jadi kuliner menarik [image source]
Di zaman dulu, para penduduk Wonosobo, Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul, dan Blitar menyantapnya setiap hari. Di daerah lain, seperti Kebumen, Banyumas, dan Cilacap juga ditemukan kuliner serupa, namun lebih dikenal sebagai Oyek. Meski mirip dan sama-sama dibuat dari gaplek, proses pembuatan keduanya berbeda. Hal tersebut membuat rasa oyek dan thiwul jug tak sama.

Inovasi Baru dengan Banyak Rasa

Thiwul dengan varian rasa
Thiwul dengan varian rasa [image source]
Hampir di seluruh Indonesia, beras sudah melimpah. Olahannya semakin beragam dam tak selalu digunakan sebagai makanan pokok lagi. Seperti yang dijual oleh Warung Mbok Sum. Agar tidak membosankan, thiwul di sana dibuat dalam banyak rasa. Seperti rasa strawberi, pisang, hingga coklat. Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh agar bisa bernostagia dengan orang-orang di rumah.

Thiwul Go International

Thiwul instan
Thiwul instan [image source]
Dengan kemajuan zaman, banyak makanan yang sudah dibuat dalam bentuk instan. Pun thiwul, kini mentahnya sudah bisa dibeli dalam bentuk kemasan yang tinggal masak. Terlebih lagi, produknya sudah go international sampai menembus Hong Kong. Tak disangka, ternyata penggemarnya di luar negeri juga banyak sangat diminati, bahkan oleh orang-orang kelas atas, lho.

Untuk Tumpeng Juga Bisa

Tumpeng dari Thiwul
Tumpeng dari Thiwul [image source]
Selain dibuat dalam bentuk kemasan instan berbagai rasa yang bisa dikirim hingga ke luar negeri, ternyata ada terobosan baru. Dibentuk kerucut seperti tumpeng, nampak cantik dan menggiurkan ala nasi kuning asli. Wah, untuk ulang tahun nenek tercinta, boleh juga lho.

Nama Tempat : Thiwul Ayu Mbok Sum
Lokasi : Jl. Raya Imogiri-Dlingo, Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja
Telp : 081 931 709 303
Pin BB : 7479 0FDC
Email : [email protected]
Fb : Thiwul Ayu Mbok Sum

Nah, yang muda – mudi jadi penasaran juga kan bagaimana rasanya kuliner tradisional pengganti makanan pokok ini. Tinggal pesan yang instan atau berkunjung langsung ke warung Thiwul Ayu Mbok Sum. Selamat mencoba!

Tags
kuliner tradisional
Share