Kuliner Bekicot Blitar, Mulai dari Sate sampai Krengsengan

Bekicot sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat, mulai dari kesehatan sampai dengan kecantikan. Nah, di Kecamatan Kesamben, kuliner bekicot Blitar jadi salah satu menu andalan masyarakat. Masyarakat di kampung bekicot Blitar membudidayakan hewan lunak penuh protein ini di kolam-kolam sekitar rumah.

Teman traveler yang berwisata ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi kuliner bekicot. Belum lengkap keliling wisata Blitar kalau belum makan berbagai penganan bekicot. Sebelumnya, yuk, kenali bersama ragam kuliner bekicot yang menggugah selera!

Keripik Bekicot yang Kriuk-kriuk

keripik bekicot yang kriuk via instagram/hernyismawanti

Sudah ada yang mencoba keripik bekicot? Tekstur dan penampakannya kurang lebih sama keripik paru. Rasa keripik bekicot ini gurih dan kriuk-kriuk, cocok jadi temannya nasi hangat ataupun sebagai camilan di saat santai.

Camilan keripik bekicot pas untuk dijadikan oleh-oleh lho. Harganya pun cukup terjangkau. Teman traveler bisa membeli sebungkus keripik kuliner bekicot Blitar mulai dari Rp 5 ribu.

Sate Bekicot Bumbu Kacang

sate bekicot pedas via instagram/destinasiblitar

Sate di Jawa Timur biasanya memang khas menggunakan bumbu kacang, begitupun dengan sate bekicot. Bumbu kacang yang pedas cocok sekali dicampur dengan sate bekicot yang berukuran besar-besar. Daging satenya yang empuk terasa lembut sekali di mulut.

Saking lezatnya, sepiring nasi dan sate bekicot rasanya belum nendang. Banyak pengunjung yang ketagihan dan minta tambah lagi. Kalian juga jangan sungkan untuk nambah porsi satenya ya, teman traveler, soalnya harganya cukup terjangkau. Sepiring sate belum termasuk nasi dihargai mulai Rp 5 ribu saja.

Krengsengan Bekicot yang Manis Gurih

krengsengan bekicot manis gurih via instagram/Virgie Keen

Krengsengan adalah masakan Jawa Timur yang identik dengan kecap. Daging yang telah dipotong-potong kemudian dimasak menggunakan bawang, rempah-rempah, dan kecap sehingga menjadi manis dan gurih.

Krengsengan kuliner bekicot Blitar ini juga dimasak menggunakan kecap, namun, tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua. Daging krengsengan bekicot yang bergizi tinggi ini semakin lezat disantap bersama nasi putih hangat. Harga krengsengan bekicot hampir sama dengan sate bekicot. Sepiring nasi dan krengsengan bisa teman traveler dapatkan mulai harga Rp 8 ribu per porsi.

Memasak Bekicot Sendiri

MAsak sendiri bekicot favoritmu via instagram/eugenia.michelle

Tertarik memasak menu bekicot sendiri? Caranya mudah, teman traveler tinggal masukkan bekicot yang masih bercangkang ke air mendidih dan rebus hingga matang. Proses ini biasanya memakan waktu setengah jam. Proses selanjutnya adalah mencungkil daging bekicot dari dalam cangkang untuk diolah menjadi sate, krengsengan, maupun keripik.

Tertarik mencoba kuliner bekicot Blitar yang nyentrik ini? Ayo, kunjungi kampung bekicot Blitar di Desa Siraman, Kecamatan Kesamben! Warung yang menjual ragam kuliner bekicot ini buka mulai dari pagi sampai dengan malam, jangan takut kehabisan!

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur kuliner Indonesia
Share