Ragam Olahan Bekicot dan Keong ala Nusantara, Pernah Coba?

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya warisan kuliner yang begitu kaya. Masing-masing daerah punya masakan khas sendiri, bahkan kadang ada yang menggunakan bahan unik. Salah satunya adalah olahan bekicot dan keong ala Nusantara.

Meski terdengar aneh, ragam olahan bekicot dan keong ala Nusantara menawarkan rasa yang cukup otentik dan memanjakan lidah. Wajib dicoba bagi para sobat traveler yang mengaku sebagai petualang rasa. Daripada penasaran, berikut Travelingyuk sajikan beberapa jenis kulinernya.

1. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot
Keripik Bekicot via Instagram erlindaandriani

Bekicot biasanya mudah ditemukan di daerah bersuhu lembab. Dikenal dengan gerakannya yang lamban dan keberadaannya sama sekali tidak mengganggu. Namun ternyata bekicot juga bisa diolah menjadi camilan lho.

Salah satunya adalah keripik bekicot. Bumbu yang digunakan juga sederhana, cukup memakai campuran garam, rempah-rempah dasar, serta bawang putih. Meski demikian, keripik tersebut diyakini memiliki manfaat luar biasa. Selain bisa meredakan nyeri, dipercaya bisa mengobati gatal-gatal dan meredakan batuk.

2. Sate Bekicot

Sate Bekicot
Sate Bekicot via Instagram huputra

Tak cuma dijadikan keripik, bekicot juga bisa disate dan rasanya lezat. Tekstur dagingnya begitu kenyal dan lembut, membuat lidah seolah bergoyang. Potensi kelezatannya bakal keluar maksimal jika disantap dengan bumbu kacang.

Namun patut diperhatikan bahwa memasak hidangan ini perlu ketelitian. Jika sampai salah, daging bekicot akan terasa amis. Sate bekicot sendiri sering dikenal juga dengan istilah Sate 02 dan paling banyak ditemui di daerah Jawa Timur, khususnya Kediri.

3. Sayur Kraca

Sayur Kraca
Sayur Kraca via Instagram kusmando

Jika kebetulan sedang berkunjung ke daerah Banyumas, jangan lupa mencoba sayur kraca. Hidangan berkuah ini merupakan salah satu kuliner khas setempat dan mudah ditemui juga di sekitar Purwokerto. Sensasi rasanya cukup menarik, pedas namun sedikit gurih dan terasa segar.

Bahan utama yang digunakan dalam memasak Sayur Kraca tak lain adalah kraca itu sendiri, alias keong sawah. Bumbu yang digunakan cukup sederhana dan mudah dicari. Selain cabe merah, bawang putih, dan bawang merah, biasanya juga ditambahkan jahe, kunyit, serta lengkuas.

4. Gulai Siput

Gulai siput
Gulai siput via Instagram ummizacafe

Gulai Siput cocok disantap sobat traveler yang ingin pengalaman kuliner berbeda. Masakan berkuah kuning ini merupakan khas dari daerah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Rasa yang dihasilkan cukup tajam, karena menggunakan bumbu rempah seperti lengkuas, serai, dan daun salam. Selain itu juga ada tambahan gula, garam, dan merica bubuk.

Bagi yang tidak bisa menemukan Gulai Siput ketika berkunjung ke Tanjung Pinang, jangan khawatir. Hidangan ini juga dikenal dengan nama lain gulai cipuik atau lengkitang. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba ya.

Itulah tadi beberapa deretan ragam olahan bekicot dan keong ala Nusantara. Bagaimana, semakin tertarik untuk mencoba atau justru malah ragu? Sampaikan komentar sobat traveler di kolom yang ada di bawah.

Tags
Kediri Purwokerto Riau Wisata Wisata Kuliner
Share