Bikin Penasaran, Deretan Kuliner Bangka ini Tak Hanya Unik Tapi Juga Lezat

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Kuliner

Sudah bukan rahasia lagi jika Bangka dan Belitung memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pulau yang terletak di sevelah timur Sumatra tersebut punya banyak pantai dengan pesona yang sulit ditolak. Namun di sisi lain, ternyata masih ada kuliner Bangka dijamin bakal memanjakan lidah para pengunjungnya.

Beberapa di antaranya punya bentuk dan bahan dasar mirip dengan sejumlah makanan yang biasa ditemui di Pulau Jawa. Namun ada juga beberapa sajian lain yang kombinasinya sungguh tak terduga. Deretan makanan di bawah ini tentunya wajib dicoba bagi mereka yang mengaku sebagai petualang rasa. Yuk disimak!

1. Lempah Kuning

Lempah kuning dimasak dengan ikan tengiri via Instagram lusiaa_vv

Lempah Kuning biasa dimasak dengan bahan dasar bawal atau tengiri. Kuah kuningnya terbuat dari kaldu ikan yang dicampur nanas dan kunyit, hingga memberikan cita rasa asam namun segar. Masakan ini nikmatnya bakal terasa berlipat ganda jika disantap bersama nasi hangat plus sambal cabai rawit.

2. Lempah Darat

Lempah darat berisi banyak sayuran via Instagram tjientjien_76

Sesuai namanya, Lempah Darat dimasak menggunakan bahan-bahan yang berasal dari darat. Bumbu utamanya tergolong simpel, hanya terdiri dari terasi, garam, dan cabai. Bahan lain yang bisa ditambahkan antara lain terong dan daun kencur. Makanan ini sangat cocok disantap dengan ikan goreng dan sambal terasi.

3. Mie Koba

Mie Koba tidak berbau amis meski mengandung ikan via Instagram sittara06

Mie Koba sering juga disebut dengan Mie Bangka. Ciri khas utama mie ini adalah kuahnya terbuat dari ikan laut yang sudah dihancurkan. Namun tidak perlu khawatir dengan bau atau rasa amis menusuk, karena masih terdapat komponen bumbu lain yang beraroma tajam hingga bakal menyamarkan sensasi amisnya.

4. Lempok Cempedak

Lempok cempedak mirip dengan dodol via Instagram angelinaliauw

Familiar dengan jajanan dodol? Makanan serupa ternyata bisa ditemui di Bangka dan diberi nama Lempok. Namun bahan dasar yang digunakan cukup unik, yakni buah cempedak. Rasanya manis dan legit, selain itu tahan cukup lama hingga cocok dijadikan oleh-oleh.

5. Kericu

Kericu, krupuk khas Bangka yang populer via Instagram bangke_snack

Bagi mereka yang tidak bisa makan jika tak ditemani lauk kerupuk, sangat direkomendasikan mencoba kericu. Kerupuk khas Bangka ini terbuat dari telur cumi yang dicampur dengan sejumlah bumbu seperti bawang putih, merah, garam, sagu, dan lengkuas. Rasanya tak kalah dengan amplang yang sudah menjadi oleh-oleh khas Kalimantan.

6. Berego

Berego (warna putih) mirip dengan lontong via Instagram ernawatibudijanto

Berego bisa dibilang merupakan lontong ala Bangka. Jika di pulau Jawa lontong dimasak dengan bahan dasar beras, maka Berego tergolong unik karena menggunakan tepung beras dan sagu. Namun fungsinya sama seperti lontong dan sering disajikan untuk mendampingi makanan lain seperti sup gangan maupun mie koba.

7. Pantiauw

Hidangan pantiauw mirip dengan kwetiauw via Instagram guefood

Jika Berego mirip dengan lontong, maka Pantiauw bisa dibilang tak jauh beda dengan kwetiauw. Hidangan ini menggunakan bahan utama berupa mie pipih yang dibuat dari tepung gandung atau beras. Biasanya disajikan dengan taburan potongan ikan. Rasanya pedas namun ada sedikit sensasi manis, dengan kuah berwarna kecoklatan yang menyegarkan.

8. Rusip

Sambal rusip hasil fermentasi via Instagram hello.fika

Rusip merupakan sambal khas Bangka yang sering diburu oleh para wisatawan. Bahan utamanya adalah ikan asin yang sudah difermentasikan selama tujuh hari. Selanjutnya ikan tersebut akan dicampur dengan bahan lain seperti cabai, bawang merah, serta keruk kunci.

9. Sup Gangan

Sup gangan juga terbuat dari ikan via Instagram belitungblesstour

Sup Gangan biasanya dimasak dengan menggunakan bahan utama ikan tengiri. Kuahnya dibuat dari campuran rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, cabe, bawang merah, dan bawang putih. Kombinasi rasa yang dihasilkan bakal sanggup menggoyang lidah, berupa perpaduan pas antara gurih, sedikit asam, dan juga pedas.

10. Lakse

Bentuk Lakse mirip dengan putu mayang via Instagram monays16

Lakse adalah makanan dengan bentuk panjang-panjang mirip mie yang terbuat dari tepung beras, sagu, dan santan. Sepintas bentuknya mirip putu mayang yang mudah ditemui di wilayah Jawa. Namun alih-alih disuguhkan dengan gula aren, lakse biasanya disajikan bersama Sup Gangan.

Itulah sejumlah kuliner unik dan khas yang bisa dijajal ketika sedang berkunjung ke Bangka atau Belitung. Bagaimana, sudah ada satu masakan khusus yang membuat kalian tertarik mencicipi langsung di sana?