Kuliner Serba Sagu di Indonesia, Citarasa Gurih yang Menggugah Selera

Isti

Isti

On Indonesia

Kelezatan kuliner Indonesia memang tak terbantahkan. Bahkan, beberapa menu khas Indonesia masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Berbicara masakan khas Indonesia, sagu juga tidak boleh dilewatkan. Makanan pokok selain beras ini tak hanya dijadikan papeda, tapi juga bisa diolah menjadi berbagai camilan gurih yang menggugah selera. Penasaran apa saja? Berikut beberapa kuliner serba sagu yang Indonesia banget.

1. Bubur Sagu

Bubur Sagu Ambon
Bubur Sagu Ambon via instagram/@cookingwithsheila

Selama ini hanya papeda saja yang terkenal sebagai makanan berbahan dasar sagu. Namun, ada kuliner lain yang tak kalah menggugah selera. Salah satunya bubur sagu yang merupakan makanan khas Ambon. Sajian istimewa ini dimasak dengan daun pandan yang kemudian ditambahkan gula merah. Sementara kuahnya dari santan. Soal rasa, tentu saja gurih. Apalagi ditambahkan dengan potongan ubi di dalamnya.

Kue Bubur Sagu Ambon
Kue Bubur Sagu Ambon via instagram/@rabbit.inthekitchen

2. Sagu Gula

Proses pembuatan Sagu Gula
Proses pembuatan Sagu Gula via instagram/@cecepyoe

Selain bubur sagu, ada satu lagi makanan khas Ambon yang terbuat dari sagu. Apalagi kalau buka sagu gula yang memiliki bentuk mirip dengan kue rangin. Camilan ini memiliki rasa yang legit karena disiram dengan gula aren. Tak hanya itu, ada sensasi gurih yang berasal dari kelapa. Cara memasaknya juga sederhana dengan dipanggang di atas arang. Kamu yang penasaran dengan rasanya, bisa langsung berkunjung ke Ambon.

Jajanan khas Ambon yang Mirip Kue Rangin
Jajanan khas Ambon yang Mirip Kue Rangin via instagram/@siannakaur

3. Lompong Sagu

Kue Lompong Sagu
Kue Lompong Sagu via instagram/@kampoengminang

Pernah dengan kue lompong sagu? Jajanan khas Minang ini terbuat dari tepung sagu rumpia yang dicampur dengan potongan pisang kepok, santan, dan kelapa. Kemudian, adonan yang nantinya dibungkus dengan daun pisang ini dibentuk persegi panjang dan isinya diberi gula aren. Uniknya, lompong sagu dipanggang di atas bara sabut kelapa. Rasanya, gurih dan bikin ketagihan.

Lompong Sagu
Lompong Sagu via instagram/@ardian_uunk_yonas

4. Ongol-ongol Sagu

Kue Ongol-ongol Sagu
Kue Ongol-ongol Sagu via instagram/@mrs.achmady

Siapa yang tak kenal dengan jajanan pasar satu ini. Ongol-ongol merupakan makanan ringan di Jawa Barat yang juga terbuat dari tepung sagu aren kering. Bahan tersebut dicampur dengan air, gula jawa, daun pandan, kelapa, serta garam. Rasa manis dan gurih beradu dengan pas yang tak bikin enek. Taburan parutan kelapa juga makin membuat rasanya istimewa.

Ongol-ongol Sagu
Ongol-ongol Sagu via instagram/@lieai111

Nah, itulah dia empat kuliner nikmat yang berasal dari sagu selain papeda. Bagaimana, sudah pernah coba semuanya, belum?