4 Kuburan Kereta Api Ini Jadi Buruan Wisatawan

Apa kata yang cocok disandingkan dengan kuburan? Mungkin kamu akan langsung teringat dengan hantu atau berbagai hal yang menyeramkan. Namun jika yang dimaksud adalah kuburan kendaraan seperti kereta api, masih tetap ngeri? Coba dulu simak ulasan tentang beberapa tempat berikut ini, tetap ada sisi indah meski yang bersemayam adalah bangkai kereta yang telah usang.

1. Stasiun Purwakarta

Kuburan Kereta Purwakarta [image source]
Tidak ada yang menyangka jika kekuatan sosial media benar-benar ampuh, bahkan untuk mempromosikan lokasi penimbunan bangkai kereta seperti ini. Susunan besi tua yang menyerupai dinding, memperlihatkan seni tersendiri. Namun noda-noda karat dan rerumputan liar di sekitarnya juga menyumbang aura mistis, seolah setiap gerbong memiliki masa lalu yang penuh misteri.

Kuburan Kereta Purwakarta [image source]
Kabarnya berbagai jenis gerbong di stasiun ini berasal dari kereta-kereta yang dipakai di sekitar tahun 70-80an dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Kamu yang kebetulan turun di Stasiun Purwakarta atau sedang transit, bisa datang ke sini. Lumayan kan, bisa foto dengan background bagus bernuansa klasik?

Lokasi : Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

2. Stasiun Cikaum Subang

Stasiun Cikaum [image source]
Kumpulan barang rongsokan bisa saja menjadi tempat wisata yang keren. Itulah yang terjadi pada Stasiun Cikaum yang mendadak tenar gara-gara foto kuburan kereta api di dekatnya banyak muncul di akun pengguna Instagram. Memang aksesnya terbilang sulit dan jarang ada angkutan umum yang melewatinya. Bahkan kereta reguler juga tidak berhenti di sini. Untuk bisa kesini, kamu bisa naik ojek dari Pegadenbaru dengan biaya sekitar Rp. 30.000,00. Yah, sepadan lah dengan foto-foto keren yang bisa kamu dapat.

Stasiun Cikaum [image source]
Lokasi :  Cikaum Bar., Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat

3. Balai Yasa Jogja

Balai Yasa Jogja [image source]
Jika kamu pernah melihat kereta api yang berjalan perlahan melewati halaman rumah warga, itu pasti tak jauh dari Balai Yasa. Sebuah sudut di Kota Jogja yang penuh nilai sejarah dan tetap berfungsi sebagai tempat perawatan kereta api hingga kini. Salah satu kereta yang tersimpan adalah bekas tragedi Bintaro. Karena menjadi aset PT KAI, maka tidak semua orang bebas melihatnya. Kamu harus izin terlebih dahulu untuk masuk.

Balai Yasa Jogja [image source]
Lokasi :  Jl. Kusbini, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

4. Stasiun Sidotopo Surabaya

stasiun sidotopo [image source]
Stasiun ini bisa dibilang adalah tempat parkirnya kereta api. Namun fungsinya ternyata lebih beragam yaitu sebagai stasiun untuk gerbong pengangkut barang, perawatan kereta penumpang hingga gudang. Tentu yang disimpan adalah gerbong-gerbong antik dengan yang ternyata pas untuk foto-foto. Seperti Balai Yasa, Pengelola stasiun Sidotopo juga mensterilkan area kerjanya dari pihak lain yang tidak berkepentingan. Jadi kamu harus memiliki izin untuk masuk kesana.

stasiun sidotopo [image source]
Lokasi : Kelurahan Simokerto, Kota Surabaya

Tak disangka ya ternyata kuburan kereta api bisa jadi tempat wisata yang keren dan bikin kamu punya banyak koleksi foto. Jadi ingat bangkai kapal yang karam yang juga tak luput dari buruan para wisatawan, deh. Nah, dari keempat stasiun ini mana yang ada di kotamu?

Tags
traveling wisata jogja wisata purwakarta wisata surabaya
Share