4 Kreasi Onigiri Super Unik, Ada yang Berisi Boba

Onigiri atau nasi kepal biasanya berukuran mungil dengan isian salmon, tuna, atau unagi. Namun, seiring berjalannya waktu, makanan khas Jepang satu ini dimodifikasi supaya tidak monoton. Contohnya seperti kreasi Onigiri yang bakal Travelingyuk bahas sebentar lagi. Mulai dari Onigiri yang terbuat dari Mie Instan sampai dengan isian Boba. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Onigiri Mie Instan 

kreasi onigiri
Onigiri Mie Instan via twitter/VidioViral

Kreasi pertama yang mencuri perhatian adalah Onigiri dari mie instan. Bentuknya tetap segitiga dan dibalut dengan nori. Untuk Onigiri satu ini hadir dalam lima varian. Yaitu original, beef, keju, salted egg dan pedas. Kreasi onigiri ini diciptakan pertama kali oleh pemilik mini market di Medan (K3Mart) yaitu Richard Stanlay. 

2. Onigiri Sandwich 

kreasi onigiri
Onigiri Sandwich via facebook/BAR NOBU

Sempat muncul di Jepang, terdapat Onigiri bernama Onisasa yang merupakan akronim dari Onigiri dan Sasami Furai. Onigiri ini berbentuk seperti sandwich dengan isian Sasami Furai atau dada ayam goreng tepung.

Pelengkapnya ada lembaran nori yang mengikat di bagian tengah. Onisasa kabarnya berasal dari Pulau Ishigaki lalu merambah populer ke seluruh Jepang. Versinya ada banyak seperti yang memakai taburan sedikit bumbu atau ditambahkan keju. 

3. Onigiri Jamur  

Onigiri Sego Jamur via facebook/Kuliner Murah Surabaya

Seorang pemuda bernama Amaludin Fahma menciptakan Onigiri, namun dengan citarasa lidah Indonesia. Ia menamakan Onigiri ciptaannya, Sego Jamur. Sesuai namanya, makanan ini memiliki isian berupa jamur yang diletakkan di tengah nasi dan dibentuk sebesar kepalan tangan. 

Dengan ukuran nasi sekepal tangan dan irisan jamur di tengahnya, membuat makanan ini praktis untuk dikonsumsi. Rasa jamur yang gurih dengan campuran nasi hangat tentunya akan membuat lidah siapa saja ketagihan.

4. Onigiri Boba 

Bagian luar Onigiri Boba via twitter/cokoguri 

Di tahun 2019, boba menjadi salah satu pelengkap minuman kekinian yang disukai oleh kalangan milenial. Oleh karenanya, boba juga dijadikan pelengkap makanan, seperti Onigiri. Dilansir dari Japan Today, boba yang digunakan pada Onigiri berbeda dengan yang kita temui biasanya.  Boba di Onigiri itu adalah acar boba dengan rasa kecap asin. 

Saat Onigiri dibelah dua, akan muncul boba dengan bumbu kecap asin di dalamnya. Boba di dalamnya memang berukuran kecil, tapi rasa asinnya begitu cocok dinikmati dengan nasi. Selain itu, tekstur dan warnanya serupa dengan isian telur salmon dengan kecap asin.

Beberapa kreasi Onigiri di atas memang sangat unik. Ada yang berupa isian jamur dan juga berbentuk sandwich. Nah, melihat Onigiri ini, apakah kalian berminat mencoba salah satunya?

Tags
Indonesia jepang Kreasi Onigiri kuliner Luar negeri Medan Sumatra Utara Yogyakarta
Share