4 Keunikan Kawah Sikidang, Bikin Pengin Bertandang

Bila Teman Traveler berencana liburan ke kawasan Dieng, sempatkan untuk singgah ke Kawah Sikidang. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Kawah Sikidang yang dikenal suka berpindah-pindah ini mempunyai keunikan yang bikin terkagum-kagum. Apa saja, ya?

1. Penjual Telur Rebus Kawah

img_7418_sZx.jpg
Papan Keterangan Telor Rebus Kawah (c) Annisa F/Travelingyuk

Keunikan pertama yang akan Teman Traveler temui di Kawah Sikidang adalah penjual yang menjajakan telur rebus. Prosesnya sangat unik, telur dimasak secara langsung di Kawah Sikidang dengan menggunakan tongkat yang sudah didesain khusus.

Keunikan Kawah Sikidang
Telur Rebus Kawah Siap Jual (c) Annisa F/Travelingyuk

Hal ini menimbulkan rasa penasaran para pengunjung yang datang. Mereka pun memesannya untuk mengetahui cita rasa telur tersebut. Berbagai macam telur dijual di sana, mulai dari ayam, puyuh, hingga bebek. Harga satu telur ayam cukup terjangkau yakni Rp2.000an.

2. Penjual Air Rebus Kawah

Keunikan Kawah Sikidang
Penjual Mengambil Air Kawah Sikidang (c) Annisa F/Travelingyuk

Selain penjual telur rebus, keunikan berikutnya adalah ada penyedia jasa pengambilan air Kawah Sikidang. Air tersebut dijual dalam kemasan botol plastik tanggung. Para penjual mengambil Air Kawah secara langsung, menggunakan alat tongkat panjang yang sudah diikat erat dengan botol plastik.

img_7417_O0r.jpg
Penanda Jual Air (c) Annisa F/Travelingyuk

Air kawah dipercaya sebagai obat penyembuh gatal-gatal, kadas, panu, kutu air dan kurap yang ampuh. Hal ini karena adanya kandungan belerang atau sulfur yang bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit gatal-gatal. Cukup membayar 2.000 kamu sudah bisa membawa satu botol air kawah. 

Keunikan Kawah Sikidang
Pengunjung Akan Membeli Air Kawah (c) Annisa F/Travelingyuk

 3. Spot Unik untuk Publik

img_7411_wCa.jpg
Salah satu spot publik di Kawah Sikidang (c) Annisa F/Travelingyuk

Di area Kawah Sikidang, banyak sekali spot yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan latar pemandangan indah. Bagian ini gratis untuk publik, karena ada juga yang berbayar. Pengunjung bisa memanfaatkan berbagai spot publik di area Kawah Sikidang.

Namun, beberapa spot foto juga berbayar, ada yang harganyaRp 2.000, Rp5.000, hingga Rp10.000. Hal tersebut bergantung dari rumitnya lokasi foto yang dibuat.

img_7552_h7H.jpg
Pengunjung berfoto di area Kawah (c) Annisa F/Travelingyuk

4. Bisa Foto Bareng Burung Hantu

Keunikan Kawah Sikidang
Narsis Bareng Owl (c) Annisa F/Travelingyuk

Salah satu spot unik di Kawah Sikidang adalah berfoto bersama burung hantu. Biayanya adalah Rp10.000an per orang. Selain burung hantu, ada juga satwa lain yaitu ular piton dan musang. Untuk kedua satwa tersebut, jika pengunjung ingin berfoto harus membayar Rp5.000an.

4 keunikan Kawah Sikidang tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi mumpung masih ada, sebaiknya segera rencanakan untuk liburan ke kawasan Dieng. Jangan lupa bawa masker untuk menghindari menghirup aroma belerang secara langsung, ya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kawah Sikidang Keunikan Kawah Sikidang kontributor Travelingyuk Wisata wisata banjarnegara
Share