4 Spot Foto Anti Mainstream di Gunung Semeru, Lebih Kece Loh!

Gunung Semeru masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk hiking ataupun sekadar ngeksis ria di media sosial. Rata-rata para pendaki mengambil foto di puncak atau Ranu Kumbolo. Padahal, ada banyak banget loh spot foto yang unik dan bisa kamu explore. Daripada penasaran, yuk simak 4 spot foto anti mainstream di Gunung Semeru.

1. Di Pinggir Ranu Pane

img_9623_iFG.JPG
Foto di pinggir Ranu Pane (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Ranu Pane adalah basecamp bagi semua pendaki Gunung Semeru. Bagi para hikers yang datang di malam hari, mereka akan beristirahat sebentar sambil menunggu proses administrasi dan pengarahan di pagi harinya. Nah, sebelum mendaki ke puncak, paling pas kalau kamu coba berburu foto di Ranu Pane.

img_9625_Cup.JPG
Jembatan Beton Ranu Pane (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Untuk mendekat ke sana, kamu memang perlu berjalan sedikit turun melewati tempat di mana pengarahan sebelum mendaki diadakan. Cuma butuh sekitar 5 menit untuk sampai di pinggir Ranu Pane. Di sini kamu bisa banget berkeliling daerah Ranu Pane atau mengambil foto berlatar danau jernih tersebut. Kamu juga bisa hunting di jembatan beton nan estetik yang didirikan di pinggir danau.

2. Kawasan Ranu Kumbolo

img_9803_FJw.JPG
Gambut Ranu Kumbolo (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Ranu Kumbolo adalah tempat yang paling mainstream yang ada di Gunung Semeru. Banyak pendaki yang hanya menginap di sini dan tidak lanjut sampai puncak. Keindahan Ranu Kumbolo yang paling sering kita lihat di instagram adalah berfoto di depan danaunya, lengkap dengan pemandangan sunset atau sunrise.

Padahal kalau mau keliling dan naik ke Bukit Cinta, ada banyak sekali foto bagus yang bisa kita hasilkan, guys.

img_9938_Tp1.JPG
Bukit Cinta dari atas (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Kalian bisa menyusuri danau ke sisi kiri dan menemukan pemandangan menakjubkan layaknya di Bukit Teletubbies. Kalau Teman Traveler coba menyusuri danau ke sisi kanan, kalian akan menemukan tanah gambut dengan view yang amat cantik. Kalau mau lebih, coba naik ke Bukit Cinta dan ambil foto Ranu Kumbolo beserta tenda-tendanya dari atas! Keren banget!

3. Bukit Sebelum Turunan Oro-oro Ombo

img_9953_MmW.JPG
Bukit sebelum Oro-oro Ombo (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler mendaki kawasan Semeru sekitar bulan April, kalian akan menemukan bunga Verbena Brasiliensis yang sedang bermekaran. Sayangnya, bunga ini akan layu dan mengering di bulan lain. Nah, ada spot foto menarik di sebuah bukit yang terletak sebelum Oro-Oro Ombo. Cobalah ke sana!

img_9966_LgH.JPG
Pemandangan luas Oro-oro Ombo (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Pada dasarnya, spot ini tak kalah bagusnya dengan yang lain, hanya saja para wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Pemandangannya sungguh indah karena dari atas kalian bisa melihat betapa megahnya Semeru dengan padang sabana Oro-Oro Ombo seluas 20 hektar. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan, guys?

4. Camping Ground Area, Kalimati

img_9714_NGG.JPG
Kalimati (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Setelah hiking selama 8 jam dari Ranu Pane, Teman Traveler akan sampai ke batas aman mendaki yaitu Kalimati, tepatnya di camping ground area sebelum puncak yang biasa digunakan sebagai tempat istirahat. Di sini, kamu bisa hunting foto sebanyak yang kamu mau. Lebih bagus saat pagi hari, saat matahari belum naik.

img_20181228_wa0002_7Wn.jpg
Kalimati (c) Ayu Lestari/Travelingyuk

Tak jauh dari sana, ada padang rumput luas yang instagramable banget! Saat matahari naik, padang rumput ini akan lebih panas, tetapi kerennya, puncak tertinggi gunung Semeru akan terlihat sangat jelas dari sini. Gak bakal nyesel, deh!

Itu tadi spot foto anti mainstream yang bisa ditemukan selama berwisata ke Gunung Semeru. Kalau mau tambah bening, kamu bisa membawa kamera DSLR agar foto yang didapat lebih terang dan jelas. Semoga bermanfaat, ya!

Tags
Gunung Semeru Indonesia kontributor spot foto anti mainstream Travelingyuk Wisata
Share