5 Kesalahan Saat Kemping, Yuk Cermati Semuanya

Kemping di alam bebas memang asyik untuk mengusir penat di akhir pekan. Namun tahukah Teman Traveler, ada beberapa kesalahan saat kemping yang kerap dilakukan banyak orang. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya lebih lanjut.

Salah Pilih Lokasi

peter_vanosdall_6pvtxaax448_unsplash_qmt.jpg
Ilustrasi lokasi mendirikan tenda yang tepat via Unsplash

Adakah di antara Teman Traveler yang hobi mendaki gunung? Pernah salah memilih lokasi mendirikan tenda? Biasanya ini terjadi ketika sampai di lokasi malam hari. Pandangan tak begitu jelas hingga tak bisa diidentifikasi dengan jelas apakah lahan tersebut merupakan jalur pendakian atau tidak. Ada kemungkinan juga kalian berkemah di tempat dengan angin kencang.

Untuk menghindari kesalahan seperti itu, Teman Traveler sebaiknya rajin mencari informasi lebih dulu. Jika tidak, cobalah mendirikan kemah di dekat rombongan lain. Selain mengakrabkan diri dengan orang baru, hal tersebut akan memudahkan kalian meminta pertolongan. 

Peralatan Seadanya

the_digital_marketing_collaboration_ecnvw_od5ku_unsplash_WUm.jpg
Ilustrasi peralatan kemping via Unsplash

Jangan samakan liburan ke objek wisata di perkotaan dengan kemping di alam bebas seperti di Bogor. Biasakan untuk tidak tidak menyepelekan peralatan yang dibawa maupun digunakan. Upayakan semuanya sudah sesuai standar ataupun SOP yang berlaku di tiap gunung. Hal ini penting agar terhindar dari hal-hal tak diinginkan. 

Manajemen Logistik Buruk

alexey_ruban_dac1yw8u3no_unsplash_uxY.jpg
Ilustrasi memasak saat kemping via Unsplash

Kesalahan dalam mengatur logistik juga jadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat kemping. Teman Traveler mungkin pernah menemukan rombongan yang kurang memperhitungkan jumlah perbekalan dengan durasi kemping. Hal ini kerap membuat mereka salah kalkulasi atau tidak menghemat makanan dan minuman yang dibawa. Ada juga yang kadang membawa terlalu banyak, hingga akhirnya harus dibagikan pada rombongan lain.

Meremehkan Cuaca

anandu_vinod_pbxwxwfi0b4_unsplash_puX.jpg
Ilustrasi cuaca buruk via Unsplash

Adakah di antara Teman Traveler yang sering mengabaikan prakiraan
cuaca saat hendak kemping? Ini sangat penting lho. Kalian jangan lupa mengecek prediksi kondisi cuca sebelum berangkat. Dengan demikian, kalian bisa memperhitungkan perlu tidaknya mempersiapkan perlengkapan tambahan untuk berlindung dari hujan maupun badai. Ingat, cuaca di alam bebas bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Tidak Mengecek Kondisi Barang

alice_donovan_rouse_z9f_yk4nmf8_unsplash_HJg.jpg
Ilustrasi barang bawaan saat kemping via Unsplash

Satu lagi kesalahan yang kerap dilakukan adalah tidak memeriksa peralatan sebelum berangkat. Hal ini sepintas memang sepele, namun pastikan semuanya berfungsi dengan baik ketika sampai di tujuan. Periksa satu-persatu dengan cermat, tak terkecuali barang maupun alat yang baru dibeli.

Itulah sekilas ulasan kesalahan saat kemping yang sering dilakukan. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang sudah berencana habiskan pekan sambil berkemah di Citamiang atau tempat lainnya?

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share