Bikin Terenyuh, Inilah Momen Haru yang Terjadi di Tengah Kerusuhan Jakarta

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Kerusuhan Jakarta Kerusuhan Jakarta

Kerusuhan terjadi di Jakarta usai massa aksi 21 Mei melakukan demonstrasi di depan Gedung Bawaslu. Kejadian ini cukup menyita banyak korban dan sejumlah mobil terbakar. Bahkan, kabar kerusuhan di Jakarta ini juga disoroti oleh berbagai media asing luar negeri. Namun, di tengah-tengah kerusuhan Jakarta, ada beberapa momen haru yang membuat orang-orang terenyuh karenanya.

Warga Memberi Minum Polisi

Memberi air minum, via screenshot Instagram/jktinfo
Memberi air minum, via screenshot Instagram/jktinfo

Simpati masyarakat terus mengalir deras para petugas yang terus menjaga ketertiban Jakarta, baik itu Polisi ataupun Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tidak sedikit masyarakat sekitar yang memberikan air minum, takjil, ataupun makanan untuk mereka yang berjaga. Tentunya ini juga menjadi bentuk rasa terima kasih kepada para penjaga keutuhan bangsa.

Petugas Memberikan Alat Bantuan Pernafasan

Memberi alat bantu pernafasan, via Instagram/rfkyw
Memberi alat bantu pernafasan, via Instagram/rfkyw

Momen haru lainnya adalah saat seorang TNI memberikan bantuan pernafasan kepada seorang demonstran wanita. Di tengah riuhnya demo dan aksi protes yang terjadi, TNI sadar betul jika semua yang terlibat adalah masyarakat Indonesia yang perlu dijaga. Tidak ada dendam, dan hanya keiklasan saja untuk merajut keutuhan Nusantara.

Polisi Menelepon Anaknya saat Istirahat

Petugas menelepon anaknya di rumah, via Instagram/masagungwilis
Petugas menelepon anaknya di rumah, via Instagram/masagungwilis

Ada juga disela-sela menjaga dan istirahat, dua orang petugas melakukan aktivitas yang berbeda. Satunya tidur, kemudian yang lainnya melepas rindu dengan keluarga di rumah. Momen yang sangat mengharukan sekali. Para petugas yang berjaga memiliki keluarga yang juga merindukan. Begitupun juga dengan demonstran yang memiliki keluarga yang sedang menanti-nanti kepulangan.

Kelelahan Menjaga Keutuhan NKRI

Lelah usai bekerja, via Instagram/dewinurcahyani
Lelah usai bekerja, via Instagram/dewinurcahyani

Momen haru lainnya adalah melihat Brimob RI tertidur pulas setelah berjaga-jaga. Karena bisa dibilang, kejadian 21-22 Mei 2019 ini terbilang cukup meresahkan dan mengkhawatirkan. Sudah menelan banyak korban, bahkan beberapa tindakan preventifnya memengaruhi seluruh masyarakat Indonesia.

Lelah jadi ibadah, via Instagram/ngakakasli.id
Lelah jadi ibadah, via Instagram/ngakakasli.id

Mari kita berdoa ya Teman Traveler, semoga kejadian kerusuhan di Jakarta ini segera usai. Mengingat sebentar lagi juga akan segera datang momen Hari Raya Idul Fitri, rayakan kemenangan dengan bermaaf-maafan. Buat apa bercerai berai jika damai merupakan pilihan yang bisa diambil.