Tips Traveling Aman Saat Kerusuhan, Lebih Penting dari Konten!

Traveling memang bertujuan buat refreshing, menghadiahi diri sendiri setelah bekerja keras. Namun, Teman Traveler tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di destinasi liburan. Misalnya seperti kerusuhan 22 Mei yang terjadi di Jakarta, salah satu kota wisata Indonesia. Berikut adalah tips traveling aman traveling saat kerusuhan terjadi di tempat traveling.

Selalu Nyalakan Handphone

Ilustrasi Selalu Nyalakan Handphone via Shutterstock
Ilustrasi Selalu Nyalakan Handphone via Shutterstock

Teman Traveler yang secara tidak sengaja ‘terjebak’ kerusuhan saat sedang traveling, sebaiknya selalu nyalakan handphone. Untuk saat bergejolak seperti itu, handphone dan koneksi internet menjadi teman setia. Salah satu gunanya adalah untuk menghubungi teman, keluarga, pihak hotel, maupun memantau berita.

Pantau Terus Berita Kerusuhan

Tips Traveling Aman Saat Kerusuhan
Ilustrasi Pantau Terus Berita Kerusuhan via Shutterstock

Tips traveling aman saat kerusuhan selanjutnya adalah Teman Traveler mengikuti perkembangan kerusuhan dari berita. Sebaiknya pilihlah media-media yang terpercaya, jangan sampai termakan hoax. Tujuan memantau terus beritanya adalah untuk mengetahui apakah kerusuhan sudah selesai atau belum dan kronologinya.

Pastikan Kamu Tahu Lokasi Kerusuhan

Ilustrasi Pastikan Kamu Tahu Lokasi Kerusuhan via Shutterstock
Ilustrasi Pastikan Kamu Tahu Lokasi Kerusuhan via Shutterstock

Kalau di tempat Teman Traveler traveling terjadi kerusuhan, sebaiknya cari tahu di mana lokasinya. Bukan dengan mendatangi langsung, tapi melalui media online saja. Tujuannya tentu agar Teman Traveler tahu apa yang harus dilakukan. Kalau lokasi ricuh jauh dari tempat menginap maka bisa lumayan lega, namun jika cukup dekat sebaiknya lebih berhati-hati.

Tetap Tinggal di Hotel

TIps Traveling Aman Saat Kerusuhan
Ilustrasi Tetap Tinggal di Hotel via Shutterstock

Sekalipun lokasi ricuh cukup jauh dari tempat menginap, sebaiknya Teman Traveler tidak serta merta jalan-jalan. Sebaiknya tetap tinggal di hotel, sebelum keadaan benar-benar membaik. Teman Traveler tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat kerusuhan berlangsung. Lebih baik cari aman, saja.

Tidak Mendekati Pusat Kerusuhan

Ilustrasi Tidak Mendekati Pusat Kerusuhan via Shutterstock
Ilustrasi Tidak Mendekati Pusat Kerusuhan via Shutterstock

Jika kerusuhan terjadi saat Teman Traveler sedang berada di luar hotel, dan mendapati lokasinya cukup dekat, sebaiknya tidak mendekati pusatnya. Jangan malah penasaran lalu mengambil foto maupun video, apalagi demi konten media sosial. Nyawa Teman Traveler lebih berharga daripada konten, kan?

Mengajak Teman Jika Keluar

Tips Traveling Aman Saat Kerusuhan
Ilustrasi Mengajak Teman Jika Keluar via Shutterstock

Tips traveling aman saat kerusuhan sedang terjadi namun terpaksa harus keluar hotel, adalah sebaiknya mengajak teman atau keluarga. Kalau solo traveling, maka cobalah mengajak staf hotel atau teman satu hotel untuk menemani. Mungkin saja mereka mau membantu. Tapi jika tidak terdesak buat keluar, lebih baik berdiam diri di hotel.

Sekian tips traveling aman saat kerusuhan terjadi di tempat Teman Traveler liburan. Semoga kita semua selamat dan terhindar dari kejadian tersebut, ya.

Tags
Demonstrasi Indonesia Kerusuhan tips dan inspirasi tips traveling Tips Traveling Aman Saat Kerusuhan
Share