Naik Kereta dari Malaysia ke Thailand, Seru Banget!

Advertisement

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalur kereta pula yang bisa kamu pilih untuk mengantarmu dari Malaysia ke Bangkok. Cara paling cepat untuk traveling dari Malaysia ke Bangkok memang dengan pesawat, hanya membutuhkan waktu sekitar 55 menit. Tapi buat kamu yang punya waktu liburan agak panjang, boleh mencoba untuk naik kereta. Pilih rute perjalanan dari Kuala Lumpur ke Bangkok via Hat Yai. Sudah siap?

Kuala Lumpur – Padang Besar

Stasiun kereta di Kuala Lumpur [image source]
Malaysia telah membuka jalur Electric Train Service (ETS) dari Kuala Lumpur menuju ke Padang Besar sejak 10 Juli 2015. Dengan teknologi tercanggih, kereta cepat ini melaju dengan kecepatan 160 km/jam. Lama perjalanan dari KL ke Padang Besar yang terletak di perbatasan Malaysia ini adalah 5 – 5,5 jam. Lebih cepat dari pada Intercitiy Express Trains (IET) yang sebelumnya beroperasi, hemat waktu hingga 50%. Kamu bisa membeli tiket ETS dari KL ke Padang Besar via online atau di setiap stasiun kereta api besar di Malaysia, gampang kan? Harga tiket ETS Gold untuk orang dewasa sekitar Rp240.000 dan untuk anak-anak Rp130.000.

Stasiun Padang Besar di perbatasan Malaysia [image source]

Padang Besar – Hat Yai

Stasiun kereta Hat Yai di Thailand selatan [image source]
Sejak 22 Desember 2015, kereta dari Padang Besar – Hat Yai beroperasi hanya dua kali PP dalam sehari. Jadi kamu harus teliti menyusun jadwal perjalananmu agar tak perlu menunggu lama untuk transit dari perbatasan Malaysia ke Hat Yai yang merupakan daerah perbatasan Thailand bagian selatan. Jika waktu transitmu agak lama, kamu bisa menitipkan tasmu di penitipan yang tersedia di Stasiun Hat Yai dan bisa menikmati kota Hat Yai sejenak. Jalur dari Padang Besar menuju Hat Yai dan sebaliknya adalah hasil kerjasama State Railways of Thailand  (SRT) dan Malaysian Railways (KTM Berhad). Lama perjalanannya 55 menit, siapkan uang 70 bath atau Rp28.000 untuk membeli tiket. Dan sayangnya tiket di rute ini tidak bisa dibeli online.

Suasana stasiun Hat Yai [image source]

Hat Yai – Bangkok

Stasiun Hua Lampong Thailand [image source]
Tinggal satu trip lagi untuk sampai di ibu kota Thailand. Ada 3 jenis kereta yang bisa kamu pilih, Rapid Trains (Kerita bisnis, ber-AC dan tersedia tempat tidur), Special Express Trains (kereta eksekutif dan tersedia tempat tidur), Special Express Diesel Railcar (kereta bisnis dengan fasilitas makan dan minum). Jarak dari Hat Yai ke Bangkok adalah 945 km, dengan jarak tempuh antara 16-18 jam tergantung kereta apa yang kamu pilih. Setelah perjalanan panjang sampailah kamu di Stasiun Hua Lampong di Bangkok. Dari stasiun ini kamu bisa menjelajah Bangkok dengan mudah dengan transportasi umum yang tersedia atau dengan taxi untuk langsung menuju hotel dan beristirahat. Info lebih detail bisa kamu cek di sini.

Kursi kereta yang nyaman untuk perjalanan panjang [image source]

Transit dan Berkeliling Kota Hat Yai

Wat Hat Yai Nai
Wat Hat Yai Nai [image source]
Hat Yai bukan hanya kota transit biasa. Daerah yang berada di selatan Thailand ini ternyata memiliki cukup banyak objek wisata yang menyenangkan. Seperti wisata budayanya yang berupa Wat Hat Yai Nai serta Municipal Park yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jangan lupa pula untuk berburu oleh-oleh Thailand di Kim Yong Market. Jika beruntung, kamu bakal mendapatkan 3 pak Kit Kat Green Tea hanya dengan harga 120 baht atau sekitar Rp47.000

Nah, berminat untuk mencoba kereta di dua negara ini? Ayo buruan datang ke Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi selalu cek paspor dan tiket kereta tiap naik dan turun kereta ya Guys!

Advertisement
Tags
Akomodasi Kereta api transportasi
Share