Kepulauan Hinako di Nias Barat, Alamnya Menakjubkan

Kabupaten Nias Barat yang masuk dalam wilayah Sumatera Utara memiliki segudang wisata bahari yang memang diandalkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Tidak sedikit wisatawan lokal dan asing yang datang demi merasakan sensasi berselancar menantang ombak di kawasan ini. Salah satu lokasi yang banyak diburu adalah gugusan Kepulauan Hinako yang berada di Nias Barat. Yuk dibaca siapa tahu Teman Traveler mau surfing juga.

Pulau Hinako

Pulau Hinako via Instagram @inriyatni_ginting

Diantara ke-8 lainnya, Pulau Hinako merupakan yang paling besar dan utama. Sering dijadikan tujuan untuk surfing karena pulau ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, snorkeling dan diving karena pemandangan bawah laut menakjubkan dengan berbagai ukuran dan macam terumbu karang serta biota laut, serta olaharaga air lainnya. Laut di pulau ini memiliki air yang jernih dengan warna turquoise yang indah.

Pulau Asu

Pulau Asu Dilihat dari Atas via Instagram @local_fins

Secara administratif Pulau Asu termasuk dalam wilayah Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara. Keindahan Pantai Asu terletak pada pasirnya yang berwarna putih bersih dengan air jernih berwarna biru serta langit yang tak kalah menawan, membuat siapa pun terlena. Teman Traveler bisa melakukan trekking menjelajah Pulau Asu, dan snorkeling, atau sekedar bersantai. Pemburu ombak pun juga banyak datang untuk surfing. Di pulau ini juga terdapat akomodasi bagi yang masih belum puas merasakan keindahan alam di sini, salah satunya adalah Puri Asu Resort.

Pulau Bawa

Ketika Air Laut Surut di Pulau Bawa via Instagram @chelnessa

Gugusan kepulauan Hinako selanjutnya adalah Pulau Bawa yang mempunyai tiga desa yaitu Tuwa-Tuwa, Sawabawa, dan Kafo-Kafo. Potensi pertumbuhan terumbu karang di Pulau Asu cukup baik sehingga banyak diburu oleh para pecinta snorkeling untuk mengagumi indahnya pemandangan bawah laut Pulau Bawa. Selain terumbu karang, di pulau ini juga hidup sekitar 25 jenis ikan karang.

Pulau Bogi

Ilustrasi Pulau Bogi via Shutterstock

Pulau Bogi lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Hinako. Seperti wisata bahari di Nias lainnya, Pulau Bogi juga dijadikan tujuan bagi para wisatawan yang hendak melakukan olahraga air. Sebut saja berselancar, menyelam, berenang, dan lainnya. Pulau ini tergolong masih jarang dijamah oleh manusia, tidak kalah elok dengan gugusan Kepulauan Hinako yang lain.

Wah sangat luar biasa ya pulau-pulau di Nias Barat ini. Ternyata di Indonesia pun banyak sekali spot untuk melakukan olahraga air yang tentunya menyenangkan dan menantang. Jadi kapan nih Teman Traveler ke Kepulauan Hinako?

Tags
Indonesia Kepulauan Hinako Nias Barat Sumatera Utara Wisata
Share