Jajanan-jajanan Punya Bentuk Mirip dengan Keunikan Berbeda, Kamu Suka yang Mana?

Advertisement

Meski kuliner Indonesia cukup beragam, mereka tidak terhindar dari kemiripan. Setuju kan ya? Kadang ketika beli jajan tertentu, Teman Traveler teringat dengan kue yang lain karena bentuknya sama, atau rasanya mirip. Nah! Jajanan-jajanan punya bentuk mirip berikut ini hadir dengan keunikan yang berbeda lho. Penasaran? Uraian ini akan memberi Teman Traveler jawaban. Simak yuk!

1. Kue Rangi

Kue Rangi Disiram Pasta Gula yang Manis Legit
Kue Rangi Disiram Pasta Gula yang Manis Legit via Instagram/perutkarets

Kue Rangi merupakan kue tradisional Betawi yang sudah mulai langka. Berbentuk setengah lingkaran, kue ini terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut yang dipanggang di atas tungku menggunakan cetakan khusus. Kue ini lezat disajikan bersama pasta gula merah yang kadang dicampur dengan irisan buah nangka, durian atau nanas. Citarasanya gurih bercampur dengan legit. Jadi, selain Gado-gado dan Kerak Telor, masyarakat Betawi juga punya penganan tradisional yang takkalah enak.

2. Kue Pancong

Kue Pancong Biasa Dijajakan Keliling
Kue Pancong Biasa Dijajakan Keliling via Instagram/qqnugrahamanik

Kue Pancong, Bandros atau Gonjing, merupakan camilan yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Jajanan punya bentuk mirip dengan Kue Rangi ini terbuat dari adonan tepung beras, santan dan kelapa parut. Jika Kue Rangi punya tekstur yang kering, Pancong tidak. Bumbu pelengkapnya pun berbeda. Kue Pancong unik dengan taburan gula pasir. Dua jajanan punya bentuk mirip ini, punya keistimewaan yang berbeda.

3. Kue Sagu Gula Ambon

Kue Sagu Gula Ambon Punya Bentuk yang Juga Mirip
Kue Sagu Gula Ambon Punya Bentuk yang Juga Mirip via Instagram/siannakaur

Terbang ke Ambon, Teman Traveler jangan lupa jajan Kue Sagu Gula. Bentuk dan teksturnya mirip dengan Kue Rangin. Namun tidak dengan bahannya. Kue Sagu Gula dari Ambon ini terbuat dari sagu yang dicetak lalu diisi dengan gula aren. Rasanya, manis. Cocok dimakan bersama dengan kopi atau teh di sore hari.

4. Kue Pukis

Kue Pukis Jajanan Pasar
Kue Pukis Jajanan Pasar via Instagram/waosansurakarta

Selanjutnya, jajanan punya bentuk mirip dengan Rangin, Pancong dan Kue Sagu Gula Ambon adalah Kue Pukis. Perbedaannya jelas terlihat dari bahan. Pukis terbuat dari tepung terigu, telur, gula, ragi dan santan. Adonan kemudian dimasak di atas cetakan setengah lingkaran. Saat ini, Kue Pukis lumayan banyak divariasikan, terutama pilihan toppingnya. Makan kue ini nggak cukup satu!

5. Kue Balok

Kue Balok yang Legit
Kue Balok yang Legit via Instagram/n_aisyahzain

Kue Balok, punya bentuk yang hampir sama dengan Kue Pukis, hanya lebih besar dan lebar, serta berbentuk agak kotak. Bahan pembuatannya pun kurang lebih sama. Yakni tepung terigu, baking soda, telur dan beberapa bahan lain. Kue Balok juga mulai dikreasikan dalam beberapa varian.

Lima jajanan punya bentuk mirip tersebut, tetap punya keunikan yang berbeda dan penggemarnya masing-masing. Yang jelas, semuanya enak dan mengeyangkan. Bagaimana? Teman Traveler suka yang mana?

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan kue tradisional kuliner
Share