Kepiting Gemes, Kuliner Pemalang yang Enaknya Bikin Dengkul Lemes

Advertisement
Advertisement

Berburu makanan enak setempat sudah menjadi kegiatan wajib saat berkunjung ke kota atau negara lain. Termasuk saat jalan-jalan ke Pemalang, tak hanya memiliki wisata seindah Bukit Kukusan, kota ini juga diperkaya kuliner-kuliner yang cita rasanya bikin kangen. Selain ada bakso tanpa pentol yang legendaris, ada lagi nih hidangan lezat Pemalang yang sangat banget untuk dilewatkan begitu saja. Apa, ya?

Rasanya Bikin Gemes

Kepiting Gemes
Kepiting Gemes [image source]
Pecinta seafood wajib mencoba kepiting gemes yang ada di rumah makan milik Pak Mamo ini. Dari pertama kali makanan ini sampai ke mejamu, sudah membuat ngiler karena aroma dan bumbunya yang nggak pelit. Apalagi saat daging-daging lembut dari kepiting gendut ini sampai di mulutmu. Wah, bisa bikin nagih dan membuatmu khilaf untuk nambah porsi kedua. Awalnya, Pak Mamo dan istri adalah pemasok kepiting, untuk memilih yang bagus dan segar sudah bukan masalah bagi pasangan ini. Mereka lalu mencoba memasaknya. Tak terasa sejak 1989, kini Kepiting Gemes Pak Mamo sudah ada 3 cabang, yaitu di Petarukan, Pemalang, dan juga Pekalongan.

Bumbu rahasia keluarga Kepiting Gemes
Bumbu rahasia keluarga Kepiting Gemes [image source]

Penyajian yang Unik Kepiting Gemes

Uniknya Kepiting Pak Mamo
Uniknya Kepiting Pak Mamo [image source]
Rasa yang nendang dari bumbu-bumbu racikan resep rahasia keluarga pada kepiting gemes ini memang bikin gemes sendiri. Saking gemesnya, kamu boleh memukul-mukul kepitingnya. Yap, jangan heran jika ada suara berisik di dalam rumah makan Pak Mamo. Ini dikarenakan ada cobek dan ulekan yang disediakan untuk menghancurkan cangkang-cangkang kepiting agar bisa menikmati dagingnya yang lembut dan juga penuh bumbu. Cara penyajian unik ini lah yang membuat usaha Pak Mamo berbeda dari yang lainnya. Bisa puas banget deh menikmati porsi demi porsinya.

Ulegan di Kepiting Pak Mamo
Ulegan di Kepiting Pak Mamo [image source]

Surga Bagi Pecinta Pedas

Kepiting Gemes Pak Mamo super pedas
Kepiting Gemes Pak Mamo super pedas [image source]
Kalau kamu tak betah pedas, jangan coba-coba memesan hidangan sea food yang satu ini. Karena rasa pedas yang diberikan menu ini akan membakar lidah dan menyisakan panas di perut. Serem, ya? Tapi justru yang begini nih yang dikejar oleh pecinta pedas. Seporsi, berisi 2 ekor Kepiting Gemes dibandrol dengan harga kurang lebih 95 ribu rupiah. Jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati menu lainnya, seperti kepiting goreng tepung, atau ikan bakar. Bagi yang kebetulan melewati jalur Pantura, wajib mencoba keunikan rasa kepiting Pak Mamo yang bikin gemes di cabang Pekalongan, nih. Saking gemesnya, bisa bikin dengkul lemes.

Siap santap Kepiting Gemes Pak Mamo
Siap santap Kepiting Gemes Pak Mamo [image source]

Kuliner Lain yang Layak Dicicipi di Pemalang

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang [image source]
Jika punya banyak waktu jalan-jalan di Pemalang, tak ada salahnya untuk menjajal makanan kuliner enak lainnya. Salah satu yang khas dari kota ini adalah Nasi Grombyang, yaitu nasi dengan kuah yang berlimpah. Mangkoknya mungkin mini, tapi dijamin seporsinya saja sudah akan membuatmu kenyang. Coba di warung Nasi Grombyang milik Pak Haji Warso yang berada di daerah Pelutan. Kuliner lainnya adalah Sate Loso khas kota ini yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Yang terkenal enak adalah Sate Loso Pak Mul, hanya butuh jalan kaki 5 menitan dari Kepiting Gemes Pemalang, lho.

Sate Loso Pemalang
Sate Loso Pemalang [image source]

Wisata Alam Indah di Pemalang

Curug Gong, Pemalang
Curug Gong, Pemalang [image repost by source]
Jangan salah, tak hanya kaya akan kuliner, Pemalang juga memiliki beragam wisata alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Curug Gong yang berlokasi Kejene, Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Seger banget, kan. Satu lagi yang layak mendapat kunjungan adalah Kedung Bening. Untuk bisa sampai di sungai alami yang berlokasi di perbatasan antara Desa Bodas dan Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul ini butuh perjuangan. Coba ajak teman se-geng untuk berpetualang tipis-tipis di hari Minggu. Seru banget, kan?

Wisata Kedung Bening
Wisata Kedung Bening [image source]
Kepiting Gemes Pak Mamo

Lokasi:

  • Jl. Urip Sumoharjo No.131, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52312
  • Jalan Raya Iser, Petarukan, Iser, Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52362
  • Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141

Wah, jadi tak ada alasan untuk nggak mampir ke Pemalang atau Pekalongan nih saat mudik. Siapkan dompet dan juga perut, ya. Selamat makan!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kepiting gemes pak mamo kuliner pemalang
Share