Bakso di Pemalang Ini Tak Ada Pentolnya, Terus Apa dong Isinya?

Advertisement
Advertisement

Siapa yang tak suka dengan bakso? Bola-bola daging atau pentol (bahasa jawa) yang disajikan dengan kuah kaldu super gurih ini menjadi hidangan favorit bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Hampir semua kota di Indonesia memiliki kuliner bakso paling enaknya. Banyak variasi, dari bakso beranak, hingga bakso kuburan mantan yang sempat hits. Ternyata di Pemalang ada yang tak kalah unik, lho. Apa, ya?

Bakso Unik Tanpa ‘Pentol’ Khas Pemalang

Soto Bakso Daging
Bakso Daging [image source]
Jika di mana-mana bakso adalah bola-bola daging yang berenang di kuah yang sedap, Pemalang punya yang unik. Bakso Daging Miad ini malah tak memiliki pentol atau bulatan daging yang biasa menjadi ciri dari hidangan yang satu ini. Di warung ini, kamu hanya akan mendapatkan semangkok kuah dan irisan daging sapi, serta taburan daun bawang yang tidak pelit. Namun, sekali kuah dan dagingnya masuk ke tenggorokan, enaknya bikin tak peduli ini bakso atau bukan. Hidangan ini cocok untuk makan siang. Namun, jangan datang terlalu sore kalau tak mau kehabisan, ya.

Bakso Daging tanpa pentol
Bakso Daging tanpa pentol [image source]

Warung Sederhana Warisan Sang Bapak

Bakso Daging Pak Miad
Bakso Daging Pak Miad [image source]
Jauh sebelum bakso dikenal seperti sekarang, Pak Miad sudah lebih dulu berjualan keliling santapan versinya ini. Yang bisa ditemui sekarang ini adalah generasi ketiga dari Pak Miad. Lokasinya berada di Jebed, Kecamatan Taman. Kuliner yang satu ini sudah legendaris di Pemalang dan wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Warungnya boleh sederhana, hanya bercat kapur dan beralaskan tanah, namun semangkok bakso daging yang dilayani oleh Putri Miad sendiri ini rasanya dijamin mewah. Yakin nih cuma mau seporsi saja?

Putri Pak Miad
Putri Pak Miad [image source]

Rahasia Kelezatannya

Bakso Daging yang mirip soto
Bakso Daging yang mirip soto [image source]
Rahasia kelezatan bakso tanpa pentol ini terletak di kuahnya yang kaya akan rasa. Belum lagi tomat hijau yang terdapat di dalamnya. Bakso Miad menggunakan daging kerbau yang super empuk. Kamu tak perlu menggunakan garpu untuk menyantapnya. Selain daun bawang yang banyak, kuahmu juga akan ditaburi oleh bubuk putih, yaitu kerupuk yang dihancurkan. Jangan harap kamu akan menemukan saos seperti di warung bakso pada umumnya. Di sini kamu tak butuh apapun pada kuah baksomu yang sudah nikmat. Jangan malu untuk tambah satu mangkok lagi, ya.

Dinikmati dengan kerupuk dan lontong
Dinikmati dengan kerupuk dan lontong [image source]

Kuliner Khas Pemalang Lainnya

Nasi Grombyang Pemalang
Nasi Grombyang Pemalang [image source]
Wisata kuliner di Pemalang tidak akan mengecewakan. Banyak makanan tradisional yang enaknya sudah turun temurun dan tak kalah dengan jajanan kekinian yang sudah banyak beredar. Selain Lontong Dekem yang jadi andalan, Pemalang juga punya Nasi Grombyang, yaitu nasi dengan kuah yang banyak. Saat berada di Pemalang, kamu juga wajib mencoba sotonya yang berbeda dari daerah lainnya. Daerah ini memiliki Soto Tauco yang meski berkuah gelap, enaknya mantap!

Ilustrasi Soto Tauco
Ilustrasi Soto Tauco [image source]

Wisata yang Ada di Pemalang

Bukit Tangkeban, Pemalang
Bukit Tangkeban, Pemalang [image source]
Selain kuliner, wisata Pemalang juga banyak yang menarik untuk dikunjungi, lho. Pasti pernah dengar tentang Bukit Kukusan, titik yang sempurna untuk menikmati kegagahan Gunung Slamet, bukan? Nah, ternyata Pemalang masih memiliki banyak pilihan destinasi lainnya. Di antaranya adalah Bukit Tangkeban yang indah dengan dek warna-warninya. Yang tak boleh dilewati begitu saja adalah Bukit Melogi Cinta yang akan membuatmu merasa seperti bidadari yang sedang berjalan di atas awan. Keren banget!

Bukit Melodi Cinta, Pemalang
Bukit Melogi Cinta, Pemalang [image source]
Bakso Daging Miad

Lokasi: Jebed Utara, Kecamatan Taman, Pemalang

Nah, bertambah satu lagi nih kota yang wajib disinggahi selain Jogja dan juga Semarang saat bertandang ke Jawa Tengah. Bagaimana, sudah siap jelajah kuliner di kota ini?

Advertisement
Tags
bakso Indonesia kuliner pemalang
Share