Ini Alasan Kenapa Kamu Harus ke Museum, Serasa Masuk ke Dunia Jumanji

Pernahkah Teman Traveler melihat film-film bertemakan museum seperti ‘Jumanji‘ atau ‘Night at the Museum‘? Ternyata, keseruan yang ada di sana bisa kita rasakan saat berwisata ke aneka tempat yang menyimpan sejarah masa lalu, loh! Tidak hanya itu, ada banyak hal yang membuat kalian harus berkunjung ke museum. Ini dia ulasannya!

1. ‘Berinteraksi’ dengan Tokoh dan Budaya Masa Lalu layaknya ‘Night at the Museum

Image may contain: shoes
Museum Geologi Bandung via Instagram/eatnride.channel

Jika Teman Traveler pernah menonton ‘Night at the Museum‘, kalian pasti sudah menonton keseruan Larry Daley, security guard di American Museum of Natural History yang bisa berinteraksi dengan beraneka makhluk hidup, kebudayaan, dan tokoh-tokoh berpengaruh di masa lalu saat malam hari. Dari sana, ia bisa mempelajari banyak hal, salah satunya tentang nilai sejarah dan alam yang beraneka ragam.

Ternyata pengalaman si Larry Daley bisa Teman Traveler temukan di Museum Geologi Bandung, loh! Meskipun tidak bisa hidup di malam hari layaknya film, tapi suasana museum bakal bikin kalian masuk ke keseruan film tersebut. Mulai dari pameran tulang belulang dinosaurus, pemaparan tentang geologis alam Nusantara, hingga disertai aneka alat peraga interaktif, semuanya keren dan seru!

2. Pecahkan Masalah dan Misteri Masa Lalu bak ‘Jumanji

Museum George Eastman di Amerika yang didesain seperti film Jumanji via Flickr

Ternyata berkunjung ke museum mampu membuat otak kita bekerja dengan lebih optimal. Aneka informasi yang didapat, mulai dari sejarah kejadian di masa lalu, wawasan tentang flora dan fauna, hingga potongan-potongan prasasti, mampu membuat kita serasa masuk ke dalam dunia ‘Jumanji‘. Selagi menebak aneka misteri sejarah yang menarik, Teman Traveler bakal tertantang untuk memecahkan sejarah masa lalu.

3. Hayati Pekerjaan Kurator dan Pegiat Seni seperti ‘La Ville Louvre

Image may contain: one or more people
Merawat karya bersejarah via Instagram/eastmanmuseum

Dengan mengunjungi museum, Teman Traveler dapat merasakan serunya pekerjaan seorang kurator dan pegiat seni dalam merawat dan menjaga benda-benda bersejarah. Seperti tertuang dalam film ‘La Ville Louvre‘, kita bakal tahu bagaimana cara merestorasi benda bersejarah yang sudah cacat atau bahkan rusak. Teman Traveler bahkan bisa tahu kandungan di dalam aneka karya historis tersebut serta rahasia menarik di baliknya.

4. Belajar Sambil Berpetualang Seru Layaknya ‘The Mummy Returns

Image may contain: 2 people
Atraksi di Mummy Returns Museum via Instagram/aimmelicious

Siapa bilang mengunjungi museum itu membosankan? Ternyata, kita bisa belajar sambil bermain, loh! Penelitian menunjukkan bahwa belajar sambil beraktivitas seru jauh lebih efektif dalam menyerap informasi ke otak. Itu sebabnya kini makin banyak tempat wisata yang menggabungkan atraksi wisata sambil belajar sejarah memecahkan misteri layaknya ‘The Mummy Returns‘, salah satunya seperti Universal Studios Singapore.

Itulah tadi sederet alasan kenapa Teman Traveler harus berkunjung ke museum. Apalagi setelah baru saja Belanda mengembalikan lebih dari 1500 artefak bersejarah Nusantara kepada Pemerintah Indonesia, pastinya ini jadi saat-saat paling seru yang dinantikan, khususnya bagi para pecinta budaya dan sejarah. Yuk berwisata ke museum!

Tags
harus ke museum Indonesia Luar negeri Museum tips dan inspirasi
Share