Mau Kepoin Rahasia Paling Tersembunyi Indonesia? Kunjungi 5 Museum Dunia Ini

Ketika Indonesia masih dijajah, banyak sekali artefak serta peninggalan bersejarah Nusantara yang dibawa ke dataran Eropa. Peristiwa ini dipicu oleh banyak faktor, khususnya guna keperluan riset dan koservasi. Nah, benda-benda historis tersebut konon punya rahasia paling tersembunyi Indonesia. Kini, artefak bernilai tinggi tersebut tersimpan di beberapa museum kelas dunia. Berikut beberapa di antaranya!

1. Museum für Völkerkunde, Jerman

Image may contain: sky and outdoor
Museum für Völkerkunde via Instagram/dan_west83

Museum yang terletak di Hamburg, Jerman ini menyimpan segala jenis koleksi kebudayaan dari seluruh dunia. Salah satunya yang paling komplet adalah artefak dan relikui dari kawasan Nusantara. Di antara benda-benda bersejarah tersebut, yang paling terkenal adalah koleksi keris milik Pangeran Diponegoro.

Image may contain: table and indoor
Aneka keris yang dipajang di museum via Instagram/benan.eu

Keris yang diberi nama ‘Keris Kyai Omyang’ ini konon memiliki kekuatan supranatural. Bahkan keris tersebut dipercaya mampu mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang memilikinya. Selain keris, ada juga aneka koleksi pakaian adat Nusantara beserta alat musik tradisional, seperti gamelan.

2. Missionary Ethnological Museum, Vatikan

Image
Missionary Ethnological Museum via Twitter/RomoJostKokoh

Museum yang satu ini terletak di dalam kompleks Vatican Museum. Aneka barang arkeologis di sini dibawa oleh para missionaris guna keperluan studi kebudayaan dan riset ilmu pengetahuan. Koleksi yang berasal dari Indonesia sendiri berjumlah lebih dari 1000 buah.

Beberapa di antaranya adalah replika relief Candi Borobudur, patung Tri Murti dewa agama Hindu di Indonesia, serta Al–Qur’an terkecil di dunia yang berasal dari abad ke 19. Selain itu ada juga kayu salib berukit etnik khas suku Asmat serta koleksi wayang Jawa.

3. Metropolitan Museum of Art, AS

Image may contain: car and outdoor
Metropolitan Museum of Art via Instagram/crcagency

Salah satu museum terbesar di Amerika Serikat ini juga menyimpan aneka koleksi benda bersejarah Indonesia. Salah satunya yang menarik adalah koleksi tentang artefak historis Kerajaan Majapahit. Konon salah satunya menyimpan rahasia misterius tentang peradaban besar tersebut.

Contoh barang-barang bersejarah yang disimpan museum adalah patung perunggu hewan babi. Patung ini konon merupakan lambang kemakmuran masyarakat Majapahit pada jaman dahulu. Selain itu terdapat pula ratusan piring kuno serta pedati perunggu yang tak ternilai harganya.

4. National Museet, Denmark

Image may contain: one or more people
National Museet via Instagram/nationalmuseet

Museum yang satu ini memiliki benda-benda etnografi peradaban Aceh. Beberapa di antaranya adalah bendera Aceh yang resmi dikibarkan dari tahun 1850-1900, lalu ada koleksi barang-barang antik sebanyak 140 buah. Barang-barang ini dikumpulkan lewat para pedagang, ahli antropologi, dan juga para penjelajah. Selain itu ada juga peninggalan lainnya, seperti perisai perang dan juga selendang khas Aceh.

5. Tropen Museum, Belanda

Image may contain: indoor
Tropen Museum via Instagram/tropenmuseum

Museum antropologi yang satu ini berada di kota Amsterdam. Ketika bangsa Belanda menjajah Indonesia, banyak sekali barang-barang khas Nusantara yang diambil dan dibawa ke museum ini. Ada sekitar 5.500 buah barang etnik, terdiri dari alat musik tradisonal, wayang dan topeng, serta aneka kain tekstil dari berbagai penjuru Nusantara.

Itulah tadi deretan museum dunia yang menyimpan kekayaan dan rahasia Indonesia yang luar biasa berharga. Tertarik berkunjung ke sini?

Tags
Amerika Serikat Belanda Budaya Denmark Indonesia jerman Luar negeri Museum museum dunia Vatikan Wisata
Share