Dua Hari Semalam Nikmati Keindahan Bahari Pulau Morotai

Pulau Morotai menyimpan pesona baharinya yang tak kalah mengagumkan. Terletak di Provinsi Maluku Utara dan menjadi salah satu pulau terluar yang berbatasan langsung di Filipina membuatnya makin unik.

Nah, destinasi wisata bahari apa saja yang dapat dinikmati di sini? Simak ulasannya berikut ini. Siapa tahu bisa Teman Traveler jadikan itinerari yang keren dan seru!

1. Pulau Dodola

aidoang_sE2.jpg
Pemandangan Matahari tenggelam di Pulau Dodola (c) Ai Doang/Travelingyuk

Destinasi ini merupakan salah satu ikon utama yang wajib Teman Traveler kunjungi ketika berwisata ke Pulau Morotai. Kawasan ini memiliki 2 buah pulau, yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil. Jaraknya hanya terpisah sekitar 200 meter.

Kedua pulau tersebut akan terlihat terpisah saat air laut pasang dan tersambung saat surut. Pemandangan tersambungnya kedua pulau tersebut oleh pasir putih yang sangat halus menjadi fenomena keren dan bisa kalian sambangi, seolah-olah sedang berjalan di tengah laut.

inshot_20190825_134400356_compress8_tfj.jpg
Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil (c) Ai Doang/Travelingyuk

Selain berfoto cantik, kalian juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam di pulau ini. Kegiatan lain bisa dilakukan adalah snorkeling maupun diving di sisi selatan Pulau Dodola Kecil. Tak hanya itu, Teman Traveler juga dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang berada di sisi timur Pulau Dodola Besar.

inshot_20190825_134800915_compress95_Agj.jpg
Salah satu cottage di Pulau Dodola (c) Ai Doang/Travelingyuk

Fasilitas yang ada di sini sudah sangat lengkap, loh! Sebut saja cottage, villa, camping ground, dome, dan gazebo. Semua bisa dipakai oleh wisatawan untuk rehat dan bersantai ria.

Untuk kebutuhan makan, Teman Traveler dapat memesan makanan ke warung milik warga di pulau sekitar. Kerennya, tempat berjualan mereka sudah ditata sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pemandangan pulau.

2. Pulau Matitta

evi_chandrawati_56567961_349288615708806_8764248350413139198_n_9Mu.jpg
Jernihnya air laut di Pulau Matitta (c) Ai Doang/Travelingyuk

Kawasan ini merupakan salah satu spot snorkeling sekaligus diving terbaik untuk melihat hiu sirip hitam. Pemandangan terumbu karang yang ada di bawah laut juga tidak boleh Teman Traveler lewatkan!

Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak ada fasilitas untuk para wisatawan. Hanya ada sebuah dermaga untuk bersandar kapal. Maka dari itu, Teman Traveler tidak dapat menginap di sini.

3. Pulau Pasir Putih

inshot_20190825_134258126_compress18_vVl.jpg
Pulau Pasir Putih (c) Ali Doang/Travelingyuk

Kawasan ini sebenarnya hanya berupa atol/daratan kecil yang muncul saat air laut surut. Namun, oleh masyarakat sekitar dinamai Pulau Pasir Putih. Bentuknya seperti lingkaran dengan pasir putih yang berwarga putih pink.

Kalau kalian lihat, lautan di sini sangat jernih seperti kaca. Sangat disayangkan jika Teman Traveler tidak berfoto di sini. Oh iya! Kawasan ini juga cocok untuk diving sambil melihat hiu sirip hitam.

4. Pulau Zum-Zum

fahri_52882770_141045930264917_4230418315759505986_n_QSr.jpg
Patung Jenderal Mc. Arthur (c) Ai Doang/Travelingyuk

Nah, kalau kawasan yang satu ini sangat bersejarah, Teman Traveler. Pulau ini konon jadi tempat bersembunyi salah seorang jenderal legendaris asal Amerika Serikat, yakni Douglas MacArthur. Sayangnya, tempat ini jadi tidak begitu terawat.

Saat mengunjungi Pulau Zum-Zum, kami hanya melihat tugu peringatan lengkap dengan patung Sang Jenderal yang dibangun pemerintah daerah setempat. Bagi para pecinta sejarah, sayang jika tidak mampir sejenak ke pulau ini.

5. Pulau Kolorai

dji_0274_compress62_CgQ.jpg
Dermaga Pulau Kolorai (c) Ai Doang/Travelingyuk

Dari antara semua pulau yang kami kunjungi sebelumnya, hanya Kolorai saja yang dihuni secara tetap oleh masyarakat. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan pantai pasir putih dan air laut yang bening.

Terdapat sebuah dermaga warna-warni di pulau ini, sehingga dapat dijadikan spot foto yang cantik. Selain itu Teman Traveler dapat membeli oleh-oleh khas Pulau Morotai berupa olahan ikan maupun kerajinan dari warga sekitar.

aidoang_DAb.jpg
Museum Perang Dunia II Pulau Morotai (c) Ai Doang/Travelingyuk

Untuk menikmati keindahan pulau-pulau tadi, Teman Traveler dapat menyewa speedboat reguler atau kapal milik warga dari Pelabuhan Daruba. Nah, untuk Pulau Morotai, kalian harus terlebih dulu menuju Kota Ternate. Ada tiga cara, simak ulasannya berikut ini!

Ke Pulau Morotai Pakai Pesawat

Saat tiba di Kota Ternate, Teman Traveler dapat langsung menuju Pulau Morotai dengan menggunakan pesawat terbang. Hanya ada satu maskapai yang melayani penerbangan pulang-pergi. Jadwal keberangkatannya sekitar pukul 12.00 WIT dan tiba Pukul 13.00 WIT di Morotai.

Pakai Kapal Laut juga Bisa, Kok!

Kalau menggunakan kapal, Teman Traveler bisa terlebih dahulu pergi ke Pelabuhan Ahmad Yani yang ada di Kota Ternate. Ada dua kapal reguler yang melayani perhubungan laut Ternate–Moratai pulang-pergi, yaitu KM. Ratu Maria dan KM. Geovani. Mari kita bahas satu-satu.

Untuk KM. Geovani rute Ternate-Morotai, jadwalnya setiap hati Rabu dan Jumat dengan jam keberangkatan pukul 20.00 WIT. sementara untuk rute Morotai-Ternate, jadwalnya setiap hari Kamis dan Sabtu dengan jam keberangkatan pukul 20.00 WIT.

Nah, untuk KM. Ratu Maria rute Ternate-Morotai, jadwalnya setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu dengan jam keberangkatan pukul 17.00 WIT. Sementara itu, rute Morotai-Ternate dijadwalkan setiap hari Rabu, Jumat, dan Senin dengan jam keberangkatan pukul 17.00 WIT.

Lewat Rute Laut Lain via Halmahera? Bisa Juga!

Selain kedua jalur di atas, Teman Traveler dapat menuju Pulau Morotai dari Kota Ternate melalu Halmahera. Untuk menggunakan jalur ini, kalian harus terlebih dahulu pergi ke Pelabuhan Semut Ternate. Dari sini, Teman Traveler dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Ibukota Provinsi Maluku Utara, Sofifi dengan menggunakan speedboat reguler dengan waktu tempuh 45 menit.

Selanjutnya dari Sofifi, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Tobelo (Ibukota Halmahera Utara) dengan menggunakan mobil dengan waktu tempuh 4 jam. Dari sinilah Teman Traveler bisa menyewa speedboat ke Pulau Morotai dengan jarak tempuh 1 jam.

Itulah tadi ulasan saya tentang destinasi bahari keren ini sekaligus cara mencapainya. Tertarik? Yuk segera berlibur!

Tags
Halmahera Indonesia Itinerari kontributor Maluku Utara Pulau Morotai Ternate Travelingyuk Wisata
Share