Deretan Pulau di Halmahera dengan Air yang Jernih, Cantiknya Bikin Nagih!

Halmahera merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Maluku. Keindahan alamnya tidak akan Teman Traveler temukan di tempat lain. Suasana yang asri serta pantai dengan pasir yang bersih menjadi ciri khas pulau ini. Tak hanya itu, ternyata ada beberapa pulau di Halmahera yang meskipun kecil namun menyimpan keindahan tersembunyi. Penasaran di mana saja?

Pulau Meti

Pulau Meti
Pulau Meti via Instagram/darx82

Terletak di wilayah Tobelo, Pulau Meti ini memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari Desa Todokuiha. Wisatawan akan dibuat takjub karena terdapat pemandangan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan, serta hamparan pasir yang putih. Di sini juga terdapat bebatuan karang dan hutan yang masih alami. Bahkan, pemandangan bawah laut di sini juga sangat indah.

Teman Traveler bisa melakukan berbagai aktivitas snorkeling dan diving. Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa menggunakan perahu dari dermaga Todokuihua di pelabuhan Tobelo dan hanya membutuhkan waktu selama 15 menit saja.

 Pulau Kakara

Pulau Kakara
Pulau Kakara via Instagram/puturuhuwilliam

Pulau Kakara ini berada di perairan laut depan kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Teman Traveler akan disuguhi pemandangan asri serta air yang jernih. Bahkan terumbu karang yang berada di pantai dapat terlihat dengan jelas dari atas. Untuk menuju ke pulau ini, wisatawan harus menyewa sebuah perahu dari pelabuhan Tobelo dengan membayar biaya Rp100.000 pulang pergi.

Wisatawan yang datang bisa melakukan beberapa aktivitas menarik seperti diving, snorkeling, dan juga berenang. Pengunjung juga bisa datang ke diving center yang telah disediakan untuk menyewa peralatan menyelam dan dampingan dari instruktur.

Pulau Pawole

Pulau Pawole
Pulau Pawole via Instagram/eros_arfat

Alternatif lain yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Pulau Pawole yang letaknya juga dekat dengan Kota Tobelo. Pawole memiliki arus yang cukup deras jika dibandingkan dengan pulau lainnya. Pulau tak berpenghuni ini menyajikan pemandangan yang juga cantik. Air berwarna kebiruan, pepohonan rindang yang masih asri, serta hamparan pasir putih, membuat mata dan pikiran menjad tenang.

Deretan Pulau Halmahera dengan air jernih
Deretan Pulau Halmahera dengan air jernih (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Secara geografis pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Kakara dan dapat dijangkau dengan mudah dari pelabuhan Tobelo. Untuk menuju ke sini, wisatawan dapat menyewa perahu dengan membayar Rp15.000 dalam sekali perjalanan.

Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya
Pulau Tagalaya via Instagram/ilhamarch

Terakhir, Pulau Tagalaya memiliki arus laut yang tenang, air sejernih kristal, dan juga hamparan pasir yang putih. Pemandangan bawah lautnya pun juga mampu memanjakan mata. Bagi yang ingin melakukan aktivitas snorkeling, wisatawan diharapkan untuk mematuhi peraturan, seperti tidak boleh menginjak bunga karang ketika sedang menyelam. Air yang berada di pulau ini juga sangat aman untuk berenang karena tidak terlalu dingin dan hanya terdapat sedikit ombak. Untuk berkunjung ke pulau ini membutuhkan waktu selama 30 menit dengan menggunakan perahu ketinting dari pelabuhan Tobelo.

Itulah sekian pulau di Halmahera yang punya pemadangan cantik.Destinasi sempurna untuk island hopping selanjutnya. Bagaimana, tertarik untuk liburan dan melakukan berbagai aktivitas bawah laut di sini?

Tags
Halmahera Indonesia Maluku Maluku Utara pulau di halmahera tobelo Wisata wisata halmahera
Share