Pesona Kedung Cinet, Miniatur Grand Canyon Tersembunyi di Jombang

Grand Canyon selama ini menjadi langganan lokasi syuting berbagai film Hollywood. Pemandangan ngarai yang meliuk-liuk cantik yang seakan membingkai Sungai Colorado sangat memanjakan mata. Karena keindahannya yang seperti itu, banyak orang berduyun-duyun datang ke Grand Canyon. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Grand Canyon Amerika jika di Jombang saja ada miniaturnya. Miniatur Grand Canyon di Jombang ini bernama Kedung Cinet yang memiliki keindahan bebatuan yang meliuk serta air sungai jernih yang diapitnya.

Lokasinya Tersembunyi di Tengah Hutan

Keindahan Grand Canyon Jombang, Via Instagram ranraniita

Lokasinya berada di Desa Klithih, Kecamatan Plandaan. Keindahan Kedung Cinet ini terselubung di balik lebatnya hutan. Kamu perlu menyusuri jarak tempuh sekitar 10 kilometer untuk menjangkaunya. Namun tenang saja, selama di perjalanan kamu bakal dihibur oleh hijaunya panorama hutan jati yang cantik, sawah dan perkebunan milik penduduk. Namun sayangnya, jalanannya belum terlalu bagus, jadi perlu untuk berhati-hati dan waspada.

Diburu Para Fotografer

Pahatan alami bebatuan, Via Instagram roy_royhr

Karena memiliki keindahan yang bisa dibilang sangat eksotis, tempat wisata Jombang ini diburu oleh para fotografer untuk diabadikan lensa kamera. Memang benar, keindahan yang ditawarkan bikin para wisatawan betah berlama-lama. Kelokan bebatuan, rerimbunan peohonan, serta birunya air turut menyumbang keindahan dari Kedung Cinet ini. Kondisi alamnya sangat alami, cocok sekali dikunjungi untuk melepas penatnya isi kepala.

Asal Mula Kedung Cinet Penuh dengan Mistis

Kedung Cinet yang eksotis, Via Instagram dolandolen

Konon, destinasi wisata ini merupakan sungai yang dahulunya dijadikan pemandian para prajurit dari zaman kerajaan Mojopahit. Bersama dengan dayang-dayang, prajurit istana Majapahit mandi di sini. Lantaran sudah sejak dahulu ada, Kedung Cinet ini juga diselimuti dengan mitos.

Tips untuk Bekunjung ke Kedung Cinet

Keindahan yang bikin terpana, Via Instagram robbiepoerwanto

Karena lokasinya masih sangat alami, kamu perlu berhati-hati saat bertandang ke sini. Ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan, misalnya saja saat terbaik untuk bekunjung ke Kedung Cinet ini adalah saat musim kemarau, karena jalannya akan lebih mudah. Persiapkan kondisi fisik agar kamu tidak kelelahan saat menempuh perjalanan, bawalah peta cadangan, jangan malu bertanya pada penduduk sekitar jika dirasa tersesat.

Kedung Cinet memang cantik, alangkah baiknya kita sebagai traveler menjaga kealamian yang disuguhkan oleh alam. Dengan cara, tidak membuang sampah sembarangan dan jika membawa sampah, bawa pulang untuk dibuang di tempatnya. Jangan membuat sampah di sembarang tempat karena sangat bisa merusak alam. Jadi kapan kamu mau ke miniatur Grand Canyon ini?

Tags
Indonesia Jawa Timur Jombang Kedung Cinet
Share