Rujak Cingur Bu Bokin, Kuliner Jombang Favorit Gus Dur

febri rama

febri rama

On Indonesia

Sama seperti bakso, rujak juga bisa dianggap makanan sejuta umat. Hidangan ini ada di berbagai daerah, tentunya dengan berbagai bentuk serta rasa. Mulai dari yang berbahan buah hingga rujak es krim manis asin. Ada juga yang terkenal legendaris dan jadi favorit tokoh indonesia seperti Rujak Cingur Bu Bokin. Seperti apa sih keunikan kuliner Jombang ini? Simak ulasannya.

1. Hanya Ada di Jombang

Rujak Bu Bokin
Rujak Bu Bokin [image source]
Bu Bokin adalah nama beken penjual rujak yang legendaris di Jombang. Pemiliknya bernama asli Alfia Masbuchin dan telah berjualan sejak tahun 1983. Tempatnya sendiri berada di Jalan Wisnu Wardhana No.44. Usianya boleh tua, tapi kelezatannya tetap terjaga. Meski sudah terkenal, Bu Bokin sengaja tidak membuka cabang. Hal itu membuat orang jadi semakin penasaran.

2. Kombinasi Rujak dan Es Godir yang Serasi

Es Godir
Es Godir [image source]
Rujak dibuat dengan bumbu yang hampir sama dengan kuliner serupa kebanyakan. Namun, takarannya pas ditambah teknik meramu ala Bu Bokin cukup ampuh dalam menciptakan rasa yang istimewa. Selain sayuran seperti kangkung dan kecambah ada juga aneka buah, mulai dari kedondong hingga nanas. Lalu bagaimana dengan minuman di warung ini? Menu yang bisa kamu coba adalah es godir. Kesegaran es yang dicampur dengan agar-agar rumput laut adalah pelega tenggorakan pas setelah makan rujak.

3. Belinya Melelahkan Tapi Bikin Penasaran

Bu Bokin
Bu Bokin [image source]
Julukan lain untuk kuliner Jombang ini adalah rujak kesuwen yang artinya lama. Alasannya adalah karena untuk mendapatkan seporsi saja, kamu harus menunggu dalam waktu yang tidak sebentar. Bukan hanya karena antrenya panjang, tapi karena memang Bu Bokin membuat hidangannya dengan penuh ketelatenan. Sebaiknya jangan makan di tempat. Kamu bisa datang untuk pesan, kemudian ditinggal untuk melakukan hal lain seperti pergi ke wisata Jombang di sekitarnya. Kamu bisa menanyakan kapan kira-kira rujakmu akan selesai dan mengambilnya setelah siap.

4. Favorit Para Tokoh Indonesia

Rujak Bu Bokin
Rujak Bu Bokin [image source]
Mengingat rasanya yang nikmat, maka tidak heran jika para tokoh mulai dari politisi hingga selebritis menjadikannya menu favorit. Di antaranya adalah Presiden Indonesia keempat yaitu KH. Adurrahman Wahid atau Gus Dur dan Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur). Kemudian ada juga Sujiwo Tejo, Adi Bing Slamet, sampai para pelawak kondang dari grup Srimulat.

Untuk mendapatkan makanan enak kadang memang melelahkan. Tapi hal ini sebanding dengan kenikmatan yang didapat. Sabarlah saat berburu rujak cingur Bu Bokin ini yang enaknya bukan kepalang ini.