Deretan Wisata Indonesia, Digadang-gadang Mirip Grand Canyon

Tidak ada yang meragukan keindahan Grand Canyon yang berada di utara Arizona. Ngarai ini adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Karena keindahan yang sangat memikat hati itulah, banyak orang menjadikannya sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Nah, tidak perlu jauh-jauh ke Amerika, karena di tanah air kamu juga bisa menemukan keindahan yang serupa. Kali ini Travelingyuk bakal membahas beberapa destinasi wisata yang mendapat julukan Grand Canyon Indonesia.

1. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon, Semarang, Via Instagram indogreatspot

Sebenarnya, Brown Canyon di Semarang ini bukanlah tempat wisata, namun lantaran penambangan yang dilakukan hampir setiap hari selama bertahun-tahun, jadilah julukan Grand Canyon Indonesia disemaatkan lantaran penampakannya mirip Grand Canyon yang berada di Amerika. Tebing-tebing yang tinggi dipadu dengan pepohonan hijau, tentunya ini menjadi panorama tersendiri. Lokasi Brown Canyon ini berada di daerah Rowosari Meteseh, Tembalang, Semarang.

2. Kedung Cinet, Jombang

Kedung Cinet, Jombang, Via Instagram jombangsosialita.id

Lokasi Grand Canyon Indonesia selanjutnya adalah Kedung Cinet yang berada di Jombang. Lokasi tepatnya berada di Desa Klitih, Kecamatan Plandan. Banyak orang menyebut Kedung Cinet ini sebagai miniatur dari Grand Canyon. Di sini ada aliran sungai biru yang tenang dipadu dengan tebing-tebing yang cantik. Dipadu dengan pepohonan hijau yang mempesona, jadilah panorama yang istimewa.

3. Lingkok Kuwieng, Aceh

Lingkok Kuwieng, Aceh, Via Instagram aceh_wonderful

Di Serambi Makah, Aceh juga terdapat destinasi wisata yang lokasinya menyerupai Grand Canyon. Namanya adalah Lingkok Kuwieng yang berada di pedalaman hutan Hagu, yang memiliki jarak tempuh sekitar 20 km dari pusat Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh. Disebut menyerupai ngarai yang terdapat di Amerika lantaran memiliki struktur batuan yang tersusun secara rapi. Sekali lihat, ngarai yang berada di sekitaran lokasi mirip dengan situs kuno.

4. Celebes Canyon, Sulawesi Selatan

Celebes Canyon Sulawesi Selatan, Via Instagram setikojati

Celebes Canyon berada di Dusun Watu, Kecamatan Tenete, Riaja, Kabupaten Barroe, Sulawesi Selatan. Destinasi di sini keindahannya benar-benar memukau para traveler yang datang. Soal keindahan dari Celebes Canyon ini tidak perlu diragukan lagi, alamnya sangat cantik sekali. Bisa untuk dijelajahi jika sedang berada di Sulawesi Selatan.

5. Luweng Sampang, Jogja

Luweng Sampang Jogja, Via Instagram gnfi

Selanjutnya ada Luweng Sampang yang cukup terkenal. Lokasi Air Terjun Luweng Sampang ini berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari. Keindahannya seperti sebuah desain yang cantik di kawasan air terjun. Ada bukit-bukit istimewa yang menyerupai Grand Canyon di Amerika. Dinding-dinding kapur yang berkelak-kelok sangat cantik, ditambah lagi dengan hijaunya air di sekitaran Air Terjun Luweng Sampang.

Tidak seratus persen mirip dengan Grand Canyon yang terdapat di Amerika, tapi setidaknya jadi alternatif jika kamu ingin liburan tipis-tipis. Bisa sedikit mengobati keinginan pergi ke Grand Canyon jika belum ada cukup uang. Yuk, kapan kamu jelajah berbagai lokasi yang mirip Grand Canyon?

Tags
Grand Canyon Grand Canyon Indonesia Indonesia
Share