4 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur, Lokasi Nyaman untuk Berlibur

Advertisement

Wisata alam menjadi salah satu jalan keluar yang sangat menyenangkan untuk “lari” sebentar dari berbagai penatnya tanggungan. Wisata alam ini banyak sekali jenisnya, ada laut, air terjun, taman, bahkan sampai kebun teh. Berbicara mengenai kebun teh, di Jawa Timur setidaknya ada empat destinasi yang bisa disambangi jika ingin bercengkrama dengan dedaunan teh beserta kekhasannya. Keindangan ini bisa kamu nikmati di 4 destinasi wisata kebun teh di Jawa Timur berikut.

1. Agrowisata Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun teh Malang, Via Instagram uucchhaa
Kebun teh Malang, Via Instagram uucchhaa

Malang memang selama ini terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki suhu yang nyaman untuk ditinggali. Tak hanya nyaman untuk ditinggali, Malang juga memiliki alam yang sangat subur sehingga bisa ditanami berbagai tanaman. Dan teh merupakan satu tanaman yang bisa hidup di sana. Tepatnya berada di Lereng Gunung Arjuno, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang yang bernama Agrowisata Kebun Teh Wonosari.

Bukit Kuneer, Via Instagram yunitakartikadewi_
Bukit Kuneer, Via Instagram yunitakartikadewi_

Kebun teh satu ini memiliki luas sekitar 1.144 hektar dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional XII. Tak hanya menyesapi keindahan kebun teh saja, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Misalnya bermain di flying fox, wall climbing, naik ATV sampai dengan hunting bunga di kios-kios. Satu lagi, ada lokasi selfie teranyar yang disuguhkan yakni Bukit Kuneer dengan berbagai spot Instageniknya.

2. Perkebunan Teh Jamus, Ngawi

Kebun teh Jamus, Via Instagram fidha.89
Kebun teh Jamus, Via Instagram fidha.89

Di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya berada di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Ngawi terdapat Kebun Teh Jamus yang bisa disinggahi. Berhektar-hektar kebun teh terhampar bebas di sini. Panorama hijau yang sangat menenangkan hati. Ini merupakan kebun teh yang sudah ada sejak tahun 1886 dan merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Kebun Teh Jamus ini memiliki luas sekitar 460 hektar dan dikelola oleh PT Candi Loka. Bosan menikmati pemandangan kebun teh, kamu bisa berenang di kolam renang yang lokasinya tak jauh dari area. Serta ada pula Bukit Borobudur yang jadi destinasi swafoto yang istimewa.

3. Perkebunan Teh Kertowono, Lumajang

Alam yang sangat asri di Kebun Teh Kertowono, Via Instagram hakimsunjoyo
Alam yang sangat asri di Kebun Teh Kertowono, Via Instagram hakimsunjoyo

Melipir ke Lumajang, juga ada kebun teh yang bisa untuk disinggahi yakni Perkebunan Teh Kertowono. Perkebunan ini tepatnya berada di Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit Lumajang. Ini merupakan kebun teh yang memiliki luas sekitar 2.267 hektar dan dikelola oleh PT Perkebunan Nasional XII. Saat berada di sini, para pengunjung bisa melihat panorama yang apik, selain itu juga bisa melihat aktivitas para pekebun yang tengah memetik teh.

4. Perkebunan Teh Sirah Kencong, Blitar

Perkebunan teh Sirah Kencong, Via Instagram rizale06 -
Perkebunan teh Sirah Kencong, Via Instagram rizale06 –

Lokasinya berada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, kebun teh satu ini bisa jadi tujuan jika kamu sedang plesir ke Blitar. Ini merupakan kebun yang memiliki luas sekitar 219 hekktar. Selain pemandangan dari kebun teh, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru. Tidak jauh dari lokasi ada Air Terjun Suro Tani dan juga Air Terjun Sirah Kencong. Uniknya, di sini telah disediakan beberapa spot foto keren. Telah dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti camping ground, gazebo, dan juga outbond area.

Itulah empat wisata yang menyuguhkan kebuh teh dengan hamparan panorama hijaunya. Kamu bisa mampir ke lokasi-lokasi tersebut jika tengah berkunjung.

Advertisement
Tags
Indonesia kebun teh kebun teh di Jawa Timur kebun teh jawa timur
Share