Kebun Raya Cibodas, Asyiknya Berburu Sakura Mekar

Menikmati keindahan sakura tak lantas mewajibkan Teman Traveler pergi ke Jepang. Kalian juga bisa melihat eloknya kembang berwarna merah jambu tersebut di Jawa Barat, tepatnya di Kebun Raya Cibodas. Yuk Teman Traveler, simak pengalaman seru saya kala mengagumi cantiknya sakura di sana beberapa waktu lalu.

Hanya Mekar Dua Kali dalam Setahun

img_20190810_105237_CnA.jpg
Hanya mekar dua kali dalam setahun (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kebun Raya Cibodas menyediakan satu tempat khusus yang diberi nama Taman Sakura. Sesuai namanya, kawasan ini sengaja dibuat untuk mengembangkan kembang asli Jepang tersebut. Namun demikian, bunga cantik ini hanya bisa mekar dua kali dalam setahun.

Teman Traveler bisa berkunjung antara Januari-Februari atau Agustus-September. Begitu mekar, bunga-bunga tersebut hanya bisa bertahan empat hari sebelum akhirnya rontok. Sementara itu, rentang waktu antara tumbuh kuncup hingga bunga gugur kurang lebih adalah seminggu.

Melihat Indahnya Sakura

img_1705_HT9.JPG
Boleh pegang, tapi jangan dipetik (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Saya sendiri cukup beruntung karena mampir ke sini pada minggu kedua Agustus lalu. Beberapa koleksi sakura di Kebun Raya Cibodas sudah banyak bermekaran. Jika Teman Traveler punya waktu luang di bulan-bulan tersebut, langsung saja mampir ke sini. Nikmati indahnya cherry blossom sebelum mereka berguguran.

img_1697_ede.JPG
Cantik sekali (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski begitu, saran saya Teman Traveler sebaiknya jangan berekspektasi terlalu tinggi. Sebab deretan sakura mekar di sini tidak serimbun seperti di Jepang. Jika dilihat dari kejauhan, warna pohonnya takkan nampak pink. Eits, jangan keburu kecewa dulu. Kalian masih bisa rasakan atmosfer layaknya Negeri Sakura di sini.

Wisata Kebun ala Jepang

img_20190810_105159_iGl.jpg
Serasa di Jepang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan taman yang begitu luas, Teman Traveler tak boleh sia-siakan kesempatan untuk berpiknik ria di bawah deretan pohon sakura yang bermekaran. Jika lupa membawa perlengkapan sendiri, kalian manfaatkan jasa penyewaan tikar dari ibu-ibu di sekitar Kebun Raya. Satu tikar dihargai Rp15.000 dan bisa kalian pakai sepuasnya.

img_20190810_121958_zPO.jpg
Kantin di kawasan Taman Sakura (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Soal urusan perut, di sekitar sini sudah tersedia banyak warung makan dan camilan. Meski tak bawa bekal dari rumah, perut kalian dijamin tetap aman.

Jalan Air dan Curug Cibogo

img_20190810_111718_Qri.jpg
Jalan Air (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menariknya, Taman Sakura berada satu lokasi dengan Jalan Air dan Curug Cibogo. Jalan Air merupakan jalan aspal yang bisa dilalui kendaraan tapi juga dilewati aliran Curug Cibogo, air terjun yang letaknya sedikit tersembunyi. Tingginya tidak seberapa, aliran airnya juga tidak terlalu deras. Namun, pesonanya tetap memanjakan mata.

img_20190810_111337_Qdb.jpg
Curug Cibogo (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hal ini membuat Taman Sakura menjadi lokasi strategis untuk berwisata kebun, piknik keluarga, bermain air di sungai, maupun menikmati bunga-bunga sakura bermekaran. Seru banget!

Tiket Masuk dan Tips ke Taman Sakura

img_20190810_104321_4R6.jpg
Taman Sakura (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Untuk memasuki kawasan Kebun Raya Cibodas, Teman Traveler wajib membayar tiket masuk sebesar Rp16.500. Jika menumpang kendaraan sendiri, ada biaya masuk sebesar Rp16.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor.

img_1713_Osj.JPG
Siap berburu bunga sakura? (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari gerbang utama, Taman Sakura berjarak sekitar 300 meter ke arah kiri atau bisa ditempuh dengan lima menit dengan berjalan kaki. Sebaiknya datang lebih awal sehingga bisa lebih puas berburu bunga sakura yang sedang mekar dan melakukan aktivitas seru di kawasan tersebut.

Itulah sekilas ulasan mengenai serunya menikmati keindahan sakura di Kebun Raya Cibodas. Yuk, segera agendakan jalan-jalan ke taman botani unik ini. Jika datang dari arah Jakarta, Teman Traveler bisa naik bus arah Cianjur dan turun di pertigaan Cibodas. Dari sana tinggal naik ojek atau angkot kuning untuk sampai gerbang masuk.

Tags
Cibodas kontributor Travelingyuk wisata cibodas
Share