Eksotisnya Taman Nasional Kayan Mentarang di Kalimantan Utara

Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan salah satu wisata alam terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Tempat ini menjadi rumah bagi berbagai hewan, serta suku-suku di Kalimantan Utara. Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sana bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sejarah Taman Nasional Kayan Mentarang

Vegetasi Kayan Mentarang via instagram/youngky_edwin

Kayan Mentarang terletak di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Merupakan wilayah konservasi alam yang luas dengan berbaga macam daya tarik. Diresmikan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1996, kini Kayan Mentarang adalah tempat bermukim sekitar 27.000 warga suku Dayak.

Cara Menuju Kayan Mentarang

Menjelajah Kayan Mentarang via instagram/ebbie.vebriadrian

Untuk berkunjung ke Taman Nasional Kayan Mentarang, Teman Traveler bisa menggunakan pesawat terbang dari Samarinda ke Tarakan selama satu jam penerbangan. Setelah tiba itu, dilanjutkan perjalanan menggunakan speedboat atau perahu klotok menyusuri aliran Sungai Mentarang. Waktu tempuh perjalanan air itu antara 6 jam sampai satu hari. Untuk mencapai bagian selatan wisata alam Kalimantan Utara ini, bisa juga terbang dari Malinau ke Long Ampung.

Terdapat Sungai Bahau, Sungai Kayan, dan Sungai Mentarang. Yang menjadi sarana transportasi utama menuju berbagai titik di taman nasional.

Atraksi Wisata di Kayan Mentarang

Suku Dayak Kayang Mentarang via instagram/kayanmentarang_nationalpark.id

Berbagai vegetasi alam dapat ditemukan di sini, mulai dari hutan dataran rendah, hutan dataran tinggi, bahkan padang rumput. Setidaknya ada sekitar 150 mamalia, 300 jenis burung, belum lagi reptil, amfibi, serta serangga. Beberapa mamalia langka yang masih ada antara lain macan dahan, beruang madu, dan lutung dahi putih.

Beraneka spesies tumbuhan juga jadi penghuni lembah-lembah. Beberapa bahkan belum teridentifikasi. Teman Traveler juga bisa menjumpai temuan arkeologi dan benda-benda prasejarah seperti kuburan kuno dan alat-alat peninggalan zaman batu. Situ-situs tersebut usianya lebih dari 350 tahun dan merupakan peninggalan penting di Kalimantan.

Saat di sini, Teman Traveler bisa mendaki gunung, melakukan penelitian, penyusuran sungai-sungai, wisata air terjun, bahkan menikmati ragam kesenian suku Dayak. Beberapa objek wisata yang masuk dalam kawasan Kayan Mentarang adalah Batu Ului, Air Terjun U’ung Melu’ung, Padang Rumput Long Tua. 

Fasilitas Penginapan di Kayan Mentarang

Kayan-Mentarang-1
Kayan-Mentarang- via Instagram @ ezter_pyaw

Terdapat fasilitas penginapan yang bisa ditempati para pengunjung. Selain itu, juga bisa menyewa speedboat atau perahu klotok. Teman Traveler bisa menggunakan fasilitas itu untuk menyusuri sungai dengan harga di atas Rp150 ribu per jam. 

Itulah sisi eksotis Taman Nasional Kayan Mentarang di Kalimantan Utara. Petualang sejati pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjelajah kawasan ini. Selamat bertualang, Teman Traveler!

Tags
Indonesia Kalimantan Utara taman nasional kayan mentarang Wisata Alam Wisata Kalimantan
Share