Makanan Khas Suku Dayak, Jelas Unik dan Pasti Enak!

Makanan khas Suku Dayak, punya keunikan tersendiri. Bahan-bahan yang dipakai tidak lumrah digunakan pada masakan sehari-hari. Seperti rotan muda atau umbut kelapa. Unik ya? Bagaimana dengan rasanya? Diracik dengan bumbu-bumbu khas, sudah pasti lezat dan menggiurkan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini!

1. Juhu Singkah, Terbuat dari Rotan Muda

Juhu Singkah, Terbuat dari Rotan Muda
Juhu Singkah, Terbuat dari Rotan Muda via Instagram/d.nani17

Juhu Singkah, merupakan makanan khas Suku Dayak yang terbuat dari rotan muda. Bahan unik tersebut dimasak bersama ikan baung dan terong asam, serta rempah-rempah dan santan. Rasa Juhu Singkah, gurih, asam dan sedikit pahit. Sensasi rasa tersebut bercampur dengan manis dan segar dari daging ikan. Juhu Singkah makanan berkuah kuning yang lezat disantap bersama nasi hangat.

2. Sayur Daun Singkong Tumbuk Khas Dayak, Kalumpe/Karuang

Kalumpe atau Karuang, Sayur Daun Singkong Khas Dayak
Kalumpe atau Karuang, Sayur Daun Singkong Khas Dayak via Instagram/rasasayange

Jika Teman Traveler suka dengan sayur daun singkong, pasti akan menyukai citarasa dari Kalumpe atau Karuang. Karena makanan khas Suku Dayak ini terbuat dari daun singkong. Bedanya, terletak pada proses pengolahan. Daun singkong yang akan dibuat Kalumpe, harus ditumbuk halus terlebih dahulu. Kalumpe disajikan berkuah kental dengan citarasa rempah yang kuat. Pelengkapnya adalah terong kecil atau terong pipit. Uniknya, sayur daun singkong khas Dayak ini diberi taburan kacang tanah dan ikan teri. Lezat dimakan bersama nasi hangat dan sambal terasi.

3. Sayur Umbut Kelapa, Terbuat dari Bonggol Pohon Kelapa Muda

Sayur Umbut Kelapa, Terbuat dari Bonggol Pohon Kelapa yang Masih Muda
Sayur Umbut Kelapa, Terbuat dari Bonggol Pohon Kelapa yang Masih Muda via Instagram/getbusyyumi

Makanan khas Suku Dayak yang unik dan pasti enak selanjutnya adalah Sayur Umbut Kelapa. Sayur Umbut Kelapa terbuat dari pohon kelapa yang masih muda. Sayur ini tidak disajikan setiap hari karena bahannya susah dicari. Pohon kelapa yang masih muda, harus ditebang untuk diambil umbut atau bonggolnya. Pohon kelapa yang ditebang, masih sangat muda, berukuran setinggi 7 meter. Sayur ini dimasak dengan bumbu seperti sop dan semakin lezat karena campuran ikan atau daging.

4. Kue Dange, Khas dengan Rasa Gurih dan Manis yang Nagih

Kue Dange dari Ketan Hitam
Kue Dange dari Ketan Hitam via Instagram/gulajutawan

Masyarakat Suku Dayak, punya kue kebanggaan yang digemari. Namanya Kue Dange. Kue ini terbuat dari parutan kelapa, tepung dan gula. Bahan-bahan tersebut kemudian diolah dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khas Kue Dange. Kudapan ini biasanya disajikan pada acara pesta, atau sebagai camilan sehari-hari.

Kekayaan kuliner Indonesia, termasuk di dalamnya makanan khas Suku Dayak, merupakan kekayaan budaya yang harus dijaga. Teman Traveler yang berencana untuk jelajah Borneo, bisa icip kuliner-kuliner ini. Dijamin rasanya akan sulit dilupakan. Selamat mencoba!

Tags
Indonesia kalimantan kuliner kuliner dayak makanan khas suku dayak suku dayak
Share